//

ANALISA NILAI TOEFL MAHASISWA FMIPA UNSYIAH MENGGUNAKAN METODE UNBALANCED THREE WAY ANOVA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURASYIMAH - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL TESTS
TEACHING METHODS
ENGLISH LANGUAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Perguruan tinggi berperan penting dalam mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan lulusan-lulusannya sehingga menghasilkan kualitas SDM terbaik. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan yaitu kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris adalah Test of English as a Foreign Language (TOEFL). FMIPA Unsyiah memberikan pelatihan bahasa Inggris yang diiringi dengan TOEFL di akhir pelatihan untuk mahasiswa tingkat akhir pada bulan Juli 2017. Skor TOEFL tersebut akan dianalisis berdasarkan variabel nilai mata kuliah bahasa Inggris (X1), keikutsertaan TOEFL (X2) dan keikutsertaan kursus (X3) menggunakan unbalanced three way ANOVA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat interaksi tiga arah, interaksi dua arah dan pengaruh utama dari faktor nilai mata kuliah bahasa Inggris, faktor keikutsertaan TOEFL sebelumnya dan faktor keikutsertaan kursus/pelatihan sebelumnya terhadap skor TOEFL mahasiswa. Hasil yang didapatkan yaitu tidak terdapat interaksi tiga arah, dua arah maupun pengaruh utama faktor keikutsertaan TOEFL (X1) dan keikutsertaan kursus (X3) terhadap skor TOEFL mahasiswa. Hanya faktor nilai mata kuliah bahasa Inggris yang berpengaruh terhadap skor TOEFL dengan perbedaan rata-rata secara nyata pada α=0,05.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF TOEFL PREPARATION PROGRAM (Mita Cayarani Ridwan, 2017)

THE DIFFICULTIES FACED BY ENGLISH STUDENTS IN TOEFL READING COMPREHENSION (Miftahul Jannah, 2017)

A DESCRIPTION OF THE TEACHING OF SPEAKING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF UIN AR-RANIRY (Ayuna Netta, 2014)

THE INFLUENCE OF SPEAKER' VOICE IN TOEFL LISTENING TEST (THE QUANTITATIVE RESEARCH ON STUDENTS AT UNDERGRADUATE STUDY PROGRAM OF EDUCATION FKIP UNSYIAH) (NIZA NOVIA, 2018)

USING INDONESIAN IN TEACHING ENGLISH (A QUALITATIVE STUDY AT SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM, GREAT ACEH) (Dara Meirita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy