//

APLIKASI METODE GEORADAR UNTUK ANALISIS LAPISAN SEDIMEN BAWAH PERMUKAAN DI SUAK SUKE DAN SUAK PANTE BREUH, SAMATIGA, ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rio Indra Sakti Pasaribu - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kajian tentang Sedimen bawah permukaan telah dilakukan dengan metode Ground Penetrating Radar di desa Suak Seuke dan Suak Pante Breuh, kecamatan Samatiga, Aceh Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi keberadaan lapisan sedimen yang terendapkan di area penelitian dengan menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) MALA 240 MHz. Pengukuran dilakukan dalam empat lintasan yang panjangnya 160 m, 210 m, 180 m dan 120 m yang tegak lurus dengan garis pantai. Data pengukuran yang diperoleh berupa reflektor dalam bentuk radargram yang menggambarkan penampang bawah permukaan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software GRED. Data ini kemudian dikoreksi dengan filter move start time, background removal, vertical bandpass filter (td), linear gain, dan smooth gain secara berurutan. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa struktur perlapisan bawah permukaan terbedakan atas 3 lapisan sampai kedalaman 3 m untuk setiap lintasan. Lapisan paling atas terdiri dari lapisan lempung (clay), lapisan kedua terdiri dari pasir lempung (sandy clay), kemudian lapisan lempung dilapisan ketiga. Berdasarkan beda penampang reflektor pada radargram menunjukkan adanya struktur perlapisan sedimen bawah permukaan. Kata Kunci : Ground Penetrating Radar (GPR), Sedimentasi, Radargram, Aceh Barat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE SEISMIK REFRAKSI UNTUK INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI WILAYAH PANTAI ACEH BARAT (STUD KASUS: DESA SUAK SEUKEE DAN SUAK PANTE BREUH) (INTAN MULIA SARI, 2018)

APLIKASI METODE GEORADAR UNTUK ANALISIS LAPISAN SEDIMEN BAWAH PERMUKAAN DI SUAK SEUKE DAN SUAK PANTE BREUH, SAMATIGA, ACEH BARAT (Rio Indra Sakti Pasaribu, 2019)

ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN TANAH MENGGUNAKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) DI TEPI PANTAI SUAK SEUKEE, SAMATIGA, ACEH BARAT (NURAINI, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DI DESA SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (Siti Kurniati, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DIRECT INSTRUCTION SISWA KELAS X MAN SUAK TIMAH KABUPATEN ACEH BARAT (Putra Irawan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy