//

TEKNIK SEGMENTASI BERBASIS ACTIVE CONTOUR UNTUK PENGUKURAN DIAMETER BATU GINJAL MENGGUNAKAN CITRA COMPUTED TOMOGRAPHY SCAN (CT-SCAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yanti Armayani - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian ini tentang segmentasi berbasis active contour untuk pengukuran diameter batu ginjal menggunakan citra Computed Tomography Scan (CT-Scan). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan diameter batu ginjal yang lebih akurat berdasarkan jumlah piksel pada objek dibandingkan dengan pengukuran diameter secara manual. Proses penentuan diameter batu ginjal dimulai dari pengkoleksian data citra, binerisasi, segmentasi dan perhitungan diameter. Pengukuran diameter secara manual digunakan untuk mengetahui nilai skala yang diperlukan dalam menghitung diameter objek citra batu ginjal dalam satuan milimeter. Hasil segmentasi terhadap 10 citra batu ginjal menunjukkan bahwa segmentasi yang dilakukan mampu meningkatkan kualitas citra batu ginjal secara lebih baik, sehingga mampu melakukan pengukuran diameter batu ginjal pada masing-masing citra CT-Scan. Selain itu, regresi linier antara pengukuran diameter manual dan pemodelan, menunjukkan bahwa koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96. Penelitian ini juga menunjukkan keuntungan pemodelan dalam pengukuran diameter batu ginjal, karena mampu melakukan pengukuran secara lebih akurat dan tidak berubah-ubah. Kata kunci: Diameter batu ginjal, Active Contour, Segmentasi, Citra CT-Scan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGUKURAN COMPUTED TOMOGRAPHY DOSE INDEX (CTDI) DENGAN MENGGUNAKAN KAMAR IONISASI (IONIZATION CHAMBER) PADA PEMERIKSAAN KEPALA (Ruhul Jannati, 2013)

PENGUKURAN DIAMETER ABDOMEN PASIEN DEWASA TERHADAP ARUS TABUNG DENGAN METODE COMPUTED TOMOGRAPHY DOSE INDEX (CTDI) MENGGUNAKAN PESAWAT CT-SCAN (PUTRI SAFIRA, 2018)

PENGARUH VARIASI TEGANGAN DAN ARUS TABUNG TERHADAP COMPUTED TOMOGRAPHY DOSE INDEX (CTDI) PADA PEMERIKSAAN PHANTOM KEPALA DENGAN MENGGUNAKAN CT-SCAN (Sri Wulandari, 2018)

ANALISIS HASIL PEMERIKSAAN COMPUTERIZED TOMOGRAPHY SCAN (CT-SCAN) PADA PASIEN CEDERA KEPALA RINGAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Ayuna, 2014)

HUBUNGAN LOKASI DAN LUAS LESI BERDASARKAN HASIL COMPUTED TOMOGRAPHY DENGAN SKOR NIHSS PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT DI RSUDZA (T. ICHSAN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy