//

PERAWATAN PASKA OPERASI CAESAREAN SECTION PADA KUCING DOMESTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RONALDO LISTMANEN - Personal Name
Bahasa Indonesia
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Meningkatnya minat pada kucing telah memicu masyarakat untuk mengoptimalkan pengembangbiakan kucing. Umumnya kucing tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan namun, pada beberapa kasus kucing tidak dapat melahirkan secara normal dan memerlukan bantuan manusia agar menjamin keselamatan induk dan anak kucing. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk meningkatkan kesuksesan operasi caesarean section pada kucing melalui perawatan paska operasi dan mempercepat penyembuhan luka. Pengambilan data dilakukan dengan mencatat hasil observasi pada tanggal 21 – 26 Februari 2018 di Klinik Hewan Ratu Pet Care Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan praktik langsung. Perawatan paska operasi caesarean section adalah dengan menempatkan kucing yang telah selesai dioperasi ke dalam kandang dan diberikan penghangat agar suhu kucing kembali normal setelah dilakukan operasi. Dengan pemakaian collar akan menghindarkan kucing menjilati lukanya. Kucing diberikan pakan basah dengan harapan indra penciuman kucing terangsang dengan bau makanan basah yang menyengat, sehingga kucing mendapat asupan nutrisi yang cukup. Pemberian penisilin dilakukan satu kali sehari selama seminggu, pengolesan salap gentamisin di lakukan pada pagi dan malam hari selama seminggu untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka dan mempercepat penyembuhan luka. Hasil pengamatan kucing kembali sehat pada hari ke 5 dan jahitan pada luka dapat dibuka. Kata kunci :perawatan paska operasi, caesarean section, kucing

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSIAPAN DAN PERAWATAN OPERASI HERNIA ABDOMINALIS PADA KUCING DOMESTIK (FADLY WAHID, 2018)

TEKNIK PERAWATAN PASCA OPERASI PROLAPSUS BULBUS OCULI PADA KUCING (FITRI ANGGRIANI, 2018)

PERSIAPAN DAN PENANGANAN PASCA OPERASI OVARIOHISTEREKTOMI PADA KUCING DI JIEMI CAT HOUSE BANDA ACEH (RISKIADI, 2019)

PENANGANAN FELINE CHLAMYDIOSIS PADA KUCING DI RUMAH SAKIT HEWAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI SUMATERA BARAT (SARAH INDRA PARAMITHA, 2019)

PENANGANAN KELAINAN BOLA MATA DENGAN TEKNIK ENUKLEASI PADA KUCING PERSIA (MUHAMMAD RAHMANSYAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy