//

PEMANFAATAN GONDORUKEM DAN AGREGAT HALUS SABANG DENGAN MENGGUNAKAN FILLER KOMBINASI ABU AMPAS TEBU DAN SEMEN UNTUK LASTON AC-WC

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Raisul Akram - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Salah satu kerusakan dan penurunan kekuatan pada perkerasan lentur jalan raya disebabkan rendahnya kekuatan dan keawetan pada lapisan aus Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC). Alternatif untuk menghindari kerusakan tersebut yaitu dengan menambahkan polimer gondorukem sebagai pensubstitusi aspal dan abu ampas tebu menjadi salah satu alternatif pengganti filler dengan persentase 75% dan 50%. Sabang terdapat sumber material yang memiliki nilai porositas yang sangat tinggi sehingga material tersebut tidak memenuhi spesifikasi, maka perlu dilakukan penelitian dengan melakukan pencampuran agregat halus Sabang dan agregat halus Kabupaten Aceh Besar sebesar 100% dan 50%. Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik Marshall campuran laston AC-WC dengan penambahan gondorukem 4% pada aspal pen 60/70 terhadap berat aspal dan filler kombinasi abu ampas tebu dengan mengunakan variasi agregat halus Sabang dan agregat halus Kabupaten Aceh Besar. Dari hasil penelitian ini diperoleh kadar aspal optimum (KAO) terbaik yaitu 5,87% dengan substitusi 4% gondorukem serta penggunaan filler kombinasi abu ampas tebu dan semen Portland dengan menggunakan campuran agregat halus Sabang dan agregat halus Indrapuri, adapun nilai density (2,35 t/m³), VIM (4,88%), VMA (18,22%), VFA (73,23%), stabilitas (1786,50 kg), flow (3,00 mm), Marshall Quotient (617,34 kg/mm), nilai durabilitas diperoleh yaitu 91,72% sesuai dengan Spesifikasi 2010 revisi 3 tahun 2014 yaitu > 90%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSTITUSI GONDORUKEM PADA ASPAL PEN 60/70 DAN FILLER KOMBINASI ABU AMPAS TEBU DAN SEMEN PORTLAND TERHADAP LASTON AC-WC DENGAN MENGGUNAKAN AGREGAT HALUS SABANG (CUT NAWALUL AZKA, 2018)

PENGARUH SUBSTITUSI GONDORUKEM PADA ASPAL PEN 60/70 DAN ABU AMPAS TEBU SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK LASTON AC-WC (MUHAMMAD RIZKY MULYA, 2018)

PENGARUH ABU AMPAS TEBU SEBAGAI FILLER DENGAN AGREGAT HALUS JAMUR UJUNG DAN PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) PADA CAMPURAN LASTON (AC-WC) (FEBRINA DIAN KURNIASARI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT HALUS SABANG DENGAN FILLER SERBUK BATA MERAH DAN ABU KULIT KOPI SERTA POLYPROPYLENE TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Mohd. Fahmi Abdya Putra, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT HALUS SABANG DENGAN FILLER SERBUK BATA MERAH DAN ABU KULIT KOPI SERTA POLYPROPYLENE TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Mohd. Fahmi Abdya Putra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy