//

PENERAPAN ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GAME PADA MATERI EKSPONENSIAL TERHADAP SISWA MTSN 1 ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Devi Arhami Putri - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STATISTICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pembelajaran matematika masih menjadi permasalahan berbagai pihak. Berbagai temuan mengenai math anxiety (kecemasan matematika) menunjukkan, bahwa matematika masih menjadi momok bagi siswa. Siswa cenderung menghindari tugas-tugas matematika. Eksponensial adalah salah satu materi matematika yang fundamental, menjadi prasyarat materi lainnya. Namun, masih adanya kesalahan dalam pemamahaman konsep, serta kecerobohan dalam berhitung, membuat materi ini dirasa penting untuk diangkat dalam sebuah penelitian. ELPSA framework merupakan pendekatan perancangan pembelajaran matematika yang memuat lima komponen, yaitu experience (pengalaman), language (bahasa), pictorial (gambaran), symbolic (simbol), dan application (penerapan). ELPSA diterapkan dengan tujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran melalui komponen experience dan language, membentuk pemahaman bermakna melalui komponen pictorial, serta melatih keterampilan siswa melalui komponen symbolic dan application. Selain itu, game dipilih sebagai variasi komponen symbolic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melaui penerapan ELPSA framework berbantuan game pada materi eksponensial, serta memperoleh gambaran respons dan aktivitas emosi siswa terhadap penerapan tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah convergent parallel mixed method design, dan dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 1 Aceh Tengah, dan sampelnya siswa kelas VIII-I. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes hasil belajar, angket respons siswa, dan lembar observasi aktivitas emosi siswa. Berdasarkan uji t, dapat disimpulkan bahwa nilai siswa setelah penerapan ELPSA framework berbantuan game pada materi eksponensial telah mencapai ketuntasan. Selain itu, penghitungan skor dari angket respons siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang positif, baik terhadap pembelajaran maupun pemanfaatan game. Observasi terhadap aktivitas emosi siswa menunjukkan adanya keseriusan, kesenangan, dan rasa ingin tahu. Sedangkan perilaku yang menunjukkan kebosanan, kekecewaan, dan perilaku lainnya tidak muncul.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)

RESPON SISWA SELAMA BERMAIN GAME MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD. (Husnul Khatimah, 2016)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI ELPSA FRAMEWORK (Dessy Amalia, 2017)

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN ELPSA (EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL AND APPLICATION) FRAMEWORK PADA SISWA SMP (RAIHAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy