//

KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN WILAYAH BERDASARKAN POTENSI KOMODITI PANGAN DI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahyaruddin - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Berdasarkan LQ didapat daerah-daerah potensi pangan adalah Kecamatan Glumpang Baro, Kecamatan Mutiara, Kecamatan Tangse, Kecamatan Keumala, Kecamatan Mila, Kecamatan Delima, Kecamatan Indrajaya, Kecamatan Peukan Baro, Kecamatan Kembang Tanjong, Kecamatan Simpang Tiga, Kecamatan Batee dan Kecamatan Muara Tiga. Berdasarkan analisa SWOT didapat faktor kekuatan adalah tersedianya luas lahan yang cukup besar, faktor kelemahan adalah petani sering defisit air, faktor peluang adalah potensi peningkatan hasil yang tinggi dengan produktivitas 9 Ton/Ha, faktor ancaman adalah petani sering mengeluh defisit air yang bisa mengancam terjadinya gagal panen. Dalam pengembangan komoditi pangan didapat faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Berdasarkan analisa AHP pada masing-masing faktor yang berkaitan dalam matrik SWOT didapat strategi prioritas yaitu strategi SO; 1. Peningkatan produktivitas dengan memaksimalkan penerapan teknologi yang tepat guna, 2. Mengoptimalkan modal dan tenaga kerja dalam memaksimalkan hasil komoditi pangan, 3. Pelatihan dalam penerapan teknologi yang tepat guna. strategi ST; 1. Perbaikan jaringan sitem kelola sarana dan prasarana pertanian disektor tanaman pangan, 2. Penambahan jaringan irigasi dalam upaya memaksimalkan lahan pertanian. strategi WT; 1. Perbaikan sistem pendampingan dalam pengelolaan usaha tani di sektor tanaman pangan, 2. Pembinaan formal dan praktek lapang dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan tani. strategi WO; 1. Peningkatan keahlian petani komoditi pangan dalam bermitra dengan perusahaan industri pangan, 2. Perbaikan sistem pengajuan modal usaha tani komoditi pangan, 3. Perbaikan tata kelola usaha tani komoditi pangan. Pangan merupakan kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi setiap manusia, pangan sebagai suatu keadaan yang memungkinkan tiap individu memiliki akses yang cukup terhadap pangan yang bergizi sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan maksimal. Sektor tanaman pangan sangat primadona di Kabupaten Pidie dibuktikan dengan lahan yang masih terbentang luas di sepanjang jalan nasional dan disetiap kecamatan-kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Pidie. Berdasarkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Pidie dapat disimpulkan bahwa adanya pola sebaran potensi berbeda antar kecamatan berdasarkan bentang alam dan budaya. Kabupaten Pidie ditetapkan sebagai salah satu daerah penyangga beras untuk Provinsi Aceh dan dibenarkan dengan hasil penelitian ini yaitu komoditi yang dominan di Kabupaten Pidie adalah komoditi tanaman padi. Sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan dan pembangunan wilayah. Tidak saja sebagai bahan baku industri, pakan, penyerap tenaga kerja, sumber mata pencaharian dan sumber devisa negara. Pertanian juga berperan sebagai pendororng pengembangan ekonomi wilayah sejalan dengan tujuan pembangunan perekonomian dalam mewujudkan suatu daerah menuju makmur dan mandiri.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (INDA AMALIA, 2016)

STRATEGI PENGEMBANGAN DAN KEMITRAAN UD. ARACO DENGAN HOME INDUSTRI PENGRAJIN EMPING MELINJO DI KABUPATEN PIDIE ACEH (ARIF FADILLAH, 2019)

KAJIAN PRIORITAS PENGEMBANGAN DAERAH LAYANAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) KABUPATEN PIDIE (Sri Hartati, 2015)

STRATEGI PENGEMBANGAN WILAYAH MELALUI PENGEMBANGAN SEKTOR BASIS DI PROVINSI ACEH (Lindariati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy