//

RANCANG BANGUN SISTEM OFFLINE E-LEARNING UNTUK MEMBANTU PENGAJAR MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN PADA KAMP PENGUNGSIAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Pribadi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Bencana alam yang terjadi di Indonesia mengakibatkan banyak kerusakan terutama kerusakan fasilitas pendidikan. Pada tahun 2015, kerusakan fasilitas pendidikan di Indonesia yang terjadi akibat bencana alam mencapai 309 unit. Kerusakan tersebut mengakibatkan kualitas pendidikan di daerah yang terkena bencana menjadi menurun terutama di kamp pengungsian. Kekurangan dari sistem pendidikan di kamp pengungsian terletak pada kurangnya buku, kurangnya tenaga pengajar yang terlatih dan kurangnya fasilitas yang mendukung proses kegiatan belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu penyelenggaraan pendidikan di kamp pengungsian, seperti e-learning. Ada beberapa e-learning bersifat open source yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran, seperti Moodle, Sakai, Atutor, Claroline, Dokeos dan Ilias. Namun, di kamp pengungsian e-learning tersebut tidak bisa digunakan karena untuk mengaksesnya dibutuhkan koneksi internet. Berdasarkan hal tersebut, maka dibangun suatu sistem e-learning yang dapat diakses secara offline dan memuat semua kebutuhan kegiatan belajar agar dapat digunakan di kamp pengungsian. Aplikasi dibangun dengan menggunakan framework Laravel dan menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang melibatkan pengalaman pengguna selama proses pengembangan aplikasi. Sistem pada aplikasi ini diuji menggunakan Unit Test dan Integration Test. Berdasarkan hasil pengujian, semua sistem pada aplikasi telah sesuai dengan luaran yang diharapkan. Untuk usability kinerja aplikasi diuji menggunakan Usability Testing dengan 5 pengukuran yakni task success, time on task, error, effeciency, dan learnability. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini memiliki tingkat kinerja yang terus membaik dengan membandingkan pengujian pada tampilan yang telah diperbaiki. Sedangkan pengujian usability aplikasi secara keseluruhan diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini berada pada katagori acceptable dengan skor 89,69. Sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh pengguna. Kata Kunci: pendidikan kamp pengungsian, e-learning, framework Laravel, UCD

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

A REVIEW OF SOME EFFECTIVE TECHNIQUES AND MEDIA IN TEACHING ENGLISH TO STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY (LIBRARY RESEARCH) (Putri Rizqa Maulida Nst, 2017)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

AN EXPLORATION OF LANGUAGE TEACHING PROCESS TO YOUNG LEARNERS (A CLASSROOM RESEARCH AT TK RAISHA LAMPINEUNG BANDA ACEH) (Mayka Morina, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy