//

MINAT DAN TINGKAT PEMAHAMAN TENTANG OLAHRAGA SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZIKRI RAHMANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmanda, Zikri. 2018. Minat dan Tingkat Pemahaman Tentang Olahraga Sepak Takraw Pada Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah. Pembimbing: (1) DR. Mansur, M.Kes., (2) Maimun, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: minat, tingkat pemahaman, olahraga sepak takraw Olahraga sepak takraw merupakan olahraga perpaduan antara sepak bola dan bola voli yang dimainkan dilapangan ganda bulu tangkis dengan menggunakan bola raga. Permainan Sepak takraw berkembang sebagai olahraga yang dipertandingan telah menyebar secara luas dan dipertandingkan di berbagai even. Perkembangan tersebut tidak akan terjadi jika tidak ada minat ataupun kemauan dari seseorang untuk melakukan olahraga sepak takraw dari setiap masyarakat khususnya bagi atlet-atlet olahraga. Selain minat, tingkat pemahaman terhadap olahraga sepak takraw juga merupakan salah satu pemicu untuk peningkatakan perkembangan olahraga sepak takraw. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini digolongkan kedalam jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang di ambil adalah total sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah T.P Sepak Takraw dengan nilai minimal C dengan jumlah mahasiswa yang diambil adalah 50 orang mahasiswa. Data penelitian ini di ambil dari angket ataupun kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah. Angket terdiri dari dua kategori yaitu tentang minat jumlah soal 25 butir dan soal tentang pemahaman sebanyak 27 butiran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian minat mahasiswa penjaskesrek Unsyiah terhadap olahraga sepak takraw adalah baik, hal ini dapat dikaji dari hasil perhitungan nilai tertinggi pada kategori baik dengan persentase sebanyak 60% atau sebanyak 30 orang, rata-rata dari minat mahasiswa penjaskesrek Unsyiah berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebanyak 77. Pemahaman mahasiswa penjaskesrek Unsyiah terhadap olahraga sepak takraw berada pada kategori baik dengan persentase sebanyak 30% atau sebanyak 20 orang, rata-rata pemahaman mahasiswa penjaskesrek Unsyiah berada pada kategori sedang dengan nilai 16. Simpulan penelitian ini adalah minat mahasiswa penjaskesrek terhadap olahraga sepak takraw baik dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap olahraga sepak takraw berada pada kategori baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH MENJADI PROFESI WASIT CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA (RAHMAT FAUZI, 2018)

MINAT MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TERHADAP UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UNSYIAH DALAM CABANG OLAHRAGA TAHUN 2018 (Jeki Yulianda, 2018)

MINAT MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TERHADAP OLAHRAGA FUTSAL (MEDI SEPRIO, 2015)

EVALUASI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER SEPAK TAKRAW PADA SISWA SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (sabri, 2013)

KONTRIBUSI POWER LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 TAHUN AJARAN 2012-2013 (BIRUL WALIDAINI, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy