//

STUDI USAHA PENANGKAPAN IKAN HIU DENGAN RAWAI DASAR (BOTTOM LONGLINE) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Leni Afriani - Personal Name
SubjectFISHERIES
FISH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja merupakan pelabuhan perikanan terbesar di Provinsi Aceh yang terletak di Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.. Perikanan hiu di Aceh dilihat dari aspek ekonomis ternyata sangat menguntungkan bagi nelayan, salah satu pelabuhan perikanan yang aktif melakukan aktifitas perikanan di Aceh adalah Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja. Terdapat empat kapal penangkapan hiu di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja yang melakukan kegiatan penangkapan hiu menggunakan alat tangkap rawai dasar (Bottom longline) dengan ukuran kapal 5 dan 6 GT yang memiliki target tangkapan hiu. Penelitian dilakukan pada Bulan November sampai Desember 2017 yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha penangkapan hiu dengan alat tangkap rawai dasar di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja. Hasil perhitungan kelayakan usaha pada keempat kapal yang beroperasi di PPS Kutaraja, KM Monek II dengan nilai NPV Rp 175.941.304,- , IRR sebesar 25,39%, dan B/C ratio 2,07, pada KM Rizki nilai NPV sebesar Rp 71.921.515,- , IRR sebesar 15,35% dan B/C ratio 1,45, pada KM Monek I nilai NPV sebesar Rp 133.780.458,- , IRR sebesar 17,59% dan B/C ratio 2,10, dan pada KM Bungber’s 02 nilai NPV sebesar Rp 144.354.700,- , IRR sebesar 30,36% dan B/C ratio 2,31. Discount factor yang digunakan sebesar 4,75% berdasarkan bunga deposito yang berlaku saat ini. Berdasarkan perhitungan NPV (Net Present Value), Net Benefit - Cost Ratio (Net B/C), dan Internal Rate of Return ( IRR) usaha penangkapan hiu menggunakan alat tangkap rawai dasar di PPS Kutaraja layak dilanjutkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN CAKALANG TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM PADA DOMAIN SUMBERDAYA IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH (Ratna Sari, 2019)

PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA DI BANDA ACEH (Ade Setiawan, 2014)

TINGKAT EFISIENSI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Abdul Azis, 2018)

STUDI HASIL TANGKAPAN IKAN LAYANG (DECAPTERUS SP.) DENGAN ALAT TANGKAP PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) YANG DIDARATKAN DIPELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO (Resi Nanda Sari, 2017)

KAPASITAS PENANGKAPAN KAPAL PUKAT CINCIN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH (INDA MARDHATILLAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy