//

ANALISIS PENGARUH FRAGMENTASI LIMESTONE HASIL PELEDAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS EXCAVATOR CAT 390D DI QUARRY I PT LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHANA RIZKI MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengambilan material limestone di quarry I sebagai bahan baku pembuatan semen di PT Lafarge Cement Indonesia dilakukan dengan drilling-blasting oleh PT Macmahon Indonesia. Geometri peledakan aktual rata-rata yang diterapkan adalah burden 3 meter dan spasi 5 meter. Distribusi fragmentasi batuan hasil peledakan harus sesuai dengan kapasitas bucket Excavator CAT 390D sebesar 4,6 m3. Distribusi fragmentasi akan optimal untuk excavator CAT 390D jika persentase lolos ukuran 33 cm mencapai minimal 60%. Berdasarkan metode Kuz-Ram, rata-rata fragmentasi batuan hasil peledakan aktual belum optimal dikarenakan persentase lolos ukuran 33 cm hanya mencapai 58,80% dengan rata-rata digging time sebesar 12,65 detik, cycle time sebesar 27,66 detik, powder factor sebesar 0,60 kg/m3 dan produktivitas alat gali muat sebesar 681,38 ton/jam, belum mencapai target produksi sebesar 715 ton/jam. Perhitungan desain geometri usulan menggunakan metode R.L.Ash dan C.J.Konya dilakukan untuk memperbaiki fragmentasi batuan hasil peledakan sebagai simulasi agar faktor pengisian bucket mencapai minimal 60%. Dari 5 geometri usulan, usulan dengan burden 3 meter dan spasi 4,5 meter merupakan geometri dengan hasil yang paling baik dengan persentase lolos ukuran 33 cm sebesar 68,25% dengan prediksi digging time sebesar 10,89 detik, prediksi cycle time sebesar 23,83 detik, powder factor sebesar 0,60 kg/m3, dan produktivitas alat gali muat sebesar 789,65 Ton/Jam yang sudah mencapai target produksi sebesar 715 ton/jam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI DESAIN PELEDAKAN JENJANG UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI DAN BIAYA YANG OPTIMAL DENGAN TEKNIK DIGITAL IMAGE PROCESSING DAN KUZ-RAM MODEL (Titah Yaumil Rizki, 2017)

VALIDASI DISTRIBUSI FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DENGAN METODE KUZ-RAM DAN SPLIT DESKTOP SOFTWARE PADA PT. LAFARGE HOLCIM, ACEH BESAR (Muhammad Chandra F, 2017)

EVALUASI GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATU GAMPING UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP DIGGING TIME DI FRONT EXISTING PT. SEMEN PADANG (PERSERO) TBK (Anisyah Alquran Ni, 2019)

PENGARUH FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DI PT SEMEN PADANG, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG, SUMATERA BARAT (Rizqa Lailatul Adha, 2017)

ANALISA PENINGKATAN PRODUKSI BAHAN GALIAN LIMESTONE PADA AKTIVITAS IMPACT HAMMER CRUSHER DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, KABUPATEN ACEH BESAR, ACEH (Said ary rizki, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy