//

KAJI SISTEM PENGERING KAKAO DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI HYBRID (ENERGI MATAHARI DAN BAHAN BAKAR GAS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farid Isnan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kakao merupakan salah satu komuditas pertanian yang tumbuh subur di Aceh yang dapat berbuah sepanjang tahun. Luas area lahan produktif kakao tahun 2017 mencapai 98.233 hektar (HA). Hasil panen mencapai 32.403 ton pertahunnya. Namun, dengan iklim di Aceh yang tropis, ketika musim kemarau proses pengeringan masih dapat berlangsung, tetapi ketika musim hujan proses pengeringan akan terganggu dan apabila cuaca tidak kunjung cerah maka dapat menyebabkan kehadiran jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sistem pengeringan yang lebih optimal sehingga dapat digunakan disaat cuaca cerah maupun hujan. Penelitian ini mengkaji tentang sistem pengeringan dengan 3 metode pengeringan yaitu pengering kolektor surya, pengering pembakaran dan pengering hybrid. Dari hasil penelitian total 16 kg menggunakan kolektor surya, waktu pengeringan 25 jam dengan energi total yang digunakan sebesar 23.491,01 kj. Pada pengujian menggunakan energi hybrid, waktu pengeringan 15 jam dengan energi yang digunakan sebesar 160.636,19 kj. Pada pengujian menggunakan energi pembakaran, waktu pengeringan 14 jam dengann energi yang digunakan sebesar 184.546,58 kj. Disimpulkan bahwa pengeringan hybrid mendapatkan hasil yang paling baik dari segi warna, aroma kakao lebih wangi, kakao tidak berjamur dan biji tidak pecah sehingga mecapai mutu I SNI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI SISTEM PENGERINGAN BIJI KAKAO MENGUNAKAN HIBRID ENERGI BERUPA ENERGI MATAHARI DAN BAHAN BAKAR (Nanda Saputra, 2016)

KAJIAN KARAKTERISTIK PERALATAN PENGERING HYBRID( ENERGI SURYA DAN GAS LPG ) UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (misswar abd, 2016)

RANCANG BANGUN ALAT PENGERING HYBRID TIPE RAK DENGAN SUMBER ENERGI MATAHARI DAN BIOMASSA (Zarida, 2015)

ANALISA PENYERAPAN PANAS PADA KOLEKTOR SURYA UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (SYAIKHUL AKBAR, 2013)

KAJI SISTEM PENGERING KAKAO DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI HYBRID (ENERGI MATAHARI DAN BAHAN BAKAR GAS) (Farid Isnan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy