//

ANALISIS DEBIT PUNCAK PADA SUB DAS KRUENG SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR PUBLIKASI PARSIAL (SEBAGIAN) : UPLOAD SOFTCOPY LKP/SKRIPSI/THESIS/DISERTASI SECARA PARSIAL ATAU HANYA BAGIAN TERTENTU (MISALNYA COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN DAN KESIMPULAN) KE REPOSITORY PERPUSTAKAAN UNSYIAH DAN DIAKSES ATAU TERBACA LEWAT MESIN PENCARI INTERNET SECARA PUBLIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN RIDHA PUTRI - Personal Name
SubjectWATER CONSERVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat, manusia melakukan eksploitasi besar-besaran pada sumber daya yang berada sekitaran DAS, sehingga menyebabkan permasalahan tidak stabilnya debit air sungai, dimana pada saat musim penghujan tiba debit sungai akan meningkat tajam, dan sebaliknya. Pengembangan wilayah merupakan suatu proses perubahan yang meliputi perubahan struktur ekonomi, tata guna lahan, sumber daya alam dan lingkungan hidup. Pemanfaatan lahan yang kurang bijaksana oleh masyarakat dapat menimbulkan berbagai macam gangguan ekosistem antara lain seperti terganggunya tata air pada suatu DAS yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir dan erosi. Karakteristik banjir cenderung makin besar ditandai dengan peningkatan debit puncak. Dilihat dari penyebabnya, peristiwa banjir tersebut banyak disebabkan karena adanya alih fungsi lahan dan pemanfaatan lahan yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya perubahan debit puncak yang terjadi pada tahun 2010 dan 2017 pada Sub DAS Krueng Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan pada Sub DAS Krueng Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei deskriptif dengan menggunakan data atribut dan data spasial. Data atribut berupa data curah hujan harian maksimum yang diperoleh melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Data spasial berupa citra satelite penggunaan lahan tahun 2010 diperoleh melalui google earth pro, citra satelite penggunaan lahan tahun 2017 diperoleh melalui SAS Planet. Dalam perhitungan debit puncak pada sub DAS Krueng Seulimum tahun 2010 dan 2017 menggunakan metode rasional. Perubahan penggunaan lahan pada subdas Krueng Seulimum mengakibatkan terjadinya pengurangan luas hutan sebesar -1.211,23 ha (-4,57%), dimana kawasan hutan ini telah berubah menjadi tanah terbuka, hutan lahan kering sekunder, belukar dan pertanian lahan kering. Nilai koefisien limpasan meningkat dari 0,056 pada tahun 2010 menjadi 0,061 pada tahun 2017, dengan memperoleh nilai C < 0,25 maka Sub DAS ini tergolong kedalam kelas baik. Akan tetapi, kita tetap harus menjaga kondisi ini agar tidak semakin parah pada masa mendatang. Nilai debit puncak mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2010 nilai debit puncak sebesar 32,896 m3/dt menjadi 39,102 m3/dt pada tahun 2017. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan penggunaan lahan sehingga daya serap tanah terhadap air hujan semakin menurun.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DEBIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MOCK DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH (Rahmatunnisa, 2018)

PEMANTAUAN ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION (ETD) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN GOOGLE ANALYTICS (Hariririski, 2016)

ANALISIS DEBIT PUNCAK PADA SUB DAS KRUENG SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR PUBLIKASI PARSIAL (SEBAGIAN) : UPLOAD SOFTCOPY LKP/SKRIPSI/THESIS/DISERTASI SECARA PARSIAL ATAU HANYA BAGIAN TERTENTU (MISALNYA COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN DAN KESIMPULAN) KE REPOSITORY PERPUSTAKAAN UNSYIAH DAN DIAKSES ATAU TERBACA LEWAT MESIN PENCARI INTERNET SECARA PUBLIK (INTAN RIDHA PUTRI, 2019)

KAJIAN PENELUSURAN BANJIR (FLOOD ROUTING) TERHADAP KAPASITAS TAMPUNGAN SUNGAI DI HILIR WADUK KEUREUTO KABUPATEN ACEH UTARA (Rais Buldan, 2016)

PERANAN SISWA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP RNDI SMP KECAMATAN SEULIMEUMRNKABUPATEN ACEH BESAR (Kamaruddin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy