//

AKURASI PENDUGAAN BOBOT BADAN SAPI ACEH BETINA MENGGUNAKAN RUMUS SCHOORL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fathimatul Izzah Fajriyanie - Personal Name

Abstrak/Catatan

AKURASI PENDUGAAN BOBOT BADAN SAPI ACEH BETINA MENGGUNAKAN RUMUS SCHOORL ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase penyimpangan bobot badan sapi aceh betina yang dihitung menggunakan rumus Schoorl dan mendapatkan persamaan regresi linear dari ukuran lingkar dada dan bobot badan sapi aceh betina. Sampel yang digunakan yaitu 50 ekor sapi aceh betina berumur 2-2,5 tahun di Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Indrapuri. Parameter yang diamati adalah lingkar dada (LD) dan bobot badan (BB). Pengukuran LD diukur melingkari rongga dada di belakang sendi tulang bahu (os scapula) menggunakan pita ukur. Pengukuran BB dilakukan dengan dua cara yaitu menimbang dengan menggunakan timbangan ternak digital untuk mendapatkan BB aktual dan menghitung dengan menggunakan rumus Schoorl. Hasil penelitian ini diperoleh persentase penyimpangan bobot badan sapi aceh betina yang dihitung menggunakan rumus Schoorl sebesar 46%. Untuk mendapatkan formula yang lebih tepat dalam pendugaan bobot badan sapi aceh betina dari ukuran LD, maka dilakukan analisis regresi linear sederhana dengan hasil BB = -224,61 + 2,96LD. Penyimpangan bobot badan sapi aceh betina dengan menggunakan rumus yang diperoleh dari regresi hanya sebesar 5%. Kata Kunci : Rumus Schoorl, sapi aceh betina, lingkar dada, bobot badan dan aktual

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENYIMPANGAN BOBOT BADAN SAPI ACEH JANTAN MENGGUNAKAN RUMUS SCHOORL TERHADAP BOBOT BADAN AKTUAL (Sri Rajibni Azizah, 2019)

PENYIMPANGAN PENGUKURAN BOBOT BADAN SAPI ACEH BETINA MENGGUNAKAN RUMUS LAMBOURNE TERHADAP BOBOT BADAN AKTUAL (Bunga Fathiha, 2019)

AKURASI DIAGNOSIS KEBUNTINGAN DINI PADA SAPI ACEH MELALUI PENGUKURAN KONSENTRASI INTERFERON-TAU (IFN-τ) (FISMA AMRI, 2019)

MORFOLOGI DAN MORFOMETRI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (AQMARINA MAZAYA, 2018)

PENYIMPANGAN BOBOT BADAN SAPI ACEH JANTAN MENGGUNAKAN RUMUS LAMBOURNE TERHADAP BOBOT BADAN AKTUAL (Utari Desya Malik Lubis, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy