//

ANALISIS AKTIVITAS PELABUHAN MALAHAYATI BERBASIS PROGRAM TOL LAUT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SYSTEMS THINKING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novira Sukmarita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis Aktivitas Pelabuhan Malahayati Berbasis Program Tol Laut dengan Menggunakan Pendekatan Systems Thinking ABSTRAK Tol Laut adalah konektivitas laut yang efektif berupa adanya kapal yang berlayar secara rutin dan terjadwal dari barat sampai ke timur Indonesia dengan tujuan untuk menekan biaya logistik dan disparitas harga di daerah timur dan barat Indonesia. Elemen Tol Laut sendiri yaitu Tol laut peti kemas dan Tol Laut penumpang. Terdapat 24 pelabuhan pendukung Tol Laut peti kemas yang terbagi menjadi 5 (lima) pelabuhan utama hub dan 19 (Sembilan belas) pelabuhan feeder. Pelabuhan Malahayati merupakan salah satu pelabuhan feeder atau pelabuhan pengumpan pada program Tol Laut. Pelabuhan Malahayati resmi menjadi pelabuhan peti kemas pada agustus 2016. Sejak saat itu Pelabuhan Malahayati melayani pelayaran Peti kemas dari dan ke Aceh melalui pelabuhan Malahayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pelabuhan Malahayati setelah ditetapkannya sebagai pelabuhan feeder dan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan aktivitas pelabuhan serta bagaimana implementasi program Tol Laut di pelabuhan Malahayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Systems Thinking dengan model Causal Loop Diagram (CLD) dan teknik pemodelan System Archetypes. Hasil penelitian berdasarkan CLD didapatkan gambaran sistem dimana terdapat variabel-variabel yang berpengaruh terhadap aktivitas pelabuhan Malahayati yaitu pertumbuhan industri, pertumbuhan ekonomi daerah, kebijakan pemerintah, pengembangan pelabuhan, kinerja pelabuhan dan kunjungan kapal. Sementara untuk teknik pemodelan System Archetypes diperoleh tiga model yang sesuai dengan permasalahan di pelabuhan Malahayati yaitu Pola Archetypes Growth and underinvestment, Limit to growth dan Archetypes Fixes that Fail. Kata Kunci: Pelabuhan Malahayati, Tol Laut, Peti Kemas, Systems Thinking, System Archetypes

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REDESAIN PELABUHAN MALAHAYATI INTERNASIONAL PROVINSI ACEH (intan hasliana, 2014)

EVALUASI KINERJA PELABUHAN MALAHAYATI DALAM MENDUKUNG PROGRAM TOL LAUT INDONESIA (Taharuddin, 2018)

PENENTUAN INDEKS KINERJA LOGISTIK PADA KEDATANGAN KAPAL PETI KEMAS (STUDI KASUS: PELINDO I CABANG MALAHAYATI KRUENG RAYA ACEH BESAR) (Regita Ramadani, 2017)

STUDI PERBANDINGAN PASANG SURUT DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE DAN DI PELABUHAN BARANG PT. LAFARGE CEMENT LHOKNGA (RIZAL FAHMI, 2014)

KANDUNGAN LOGAM BERAT PB PADA AIR LAUT, SEDIMEN DAN TIRAM SACCOSTREA GLOMERATA DI PELABUHAN PASIRAN SABANG (Asmaul Husna, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy