//

INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT ETNIS ACEH SUATU STUDI DI GAMPONG GEUDONG-GEUDONG KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZIKRI - Personal Name
SubjectCHINESE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Etnis Tionghoa sudah menetap dan bermukim di Gampong Geudong-Geudong sejak tahun 60 – 70 an. Masyarakat Etnis Tionghoa menetap dengan masyarakat Etnis Aceh di Gampong Geudong-Geudong, yang memungkinkan terjadinya pencampuran budaya dari kedua etnis tersebut. Kondisi yang demikian sangat rawan menimbulkan konflik karena adanya perbenturan kebudayaan maupun kepentingan, namun sejauh ini di Gampong Geudong-Geudong belum pernah terjadi konflik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui interaksi sosial antara masyarakat Etnis Tionghoa dengan masyarakat Etnis Aceh di Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang informan. Teknik pengumpulan data dapat diperoleh melalui wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa masyarakat setempat menerima kehadiran komunitas Tionghoa dalam pemukiman mereka. Mereka mencoba untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu suasana yang tegang dengan komunitas Tionghoa. Dalam poin minoritas tidak terdapat perbedaan sikap yang diberikan kaum minoritas dengan kaum mayoriras maupun sebaliknya dalam hal komunikasi. Di samping itu juga masyarakat etnis Tionghoa dengan masyarakat etnis Aceh menjalin solidaritas yang tinggi dalam bermasyarakat. Kata Kunci : Interaksi Sosial, Etnis Tionghoa, Etnis Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE (Khairatul Ulya Mukhtar, 2017)

PERKEMBANGAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH, 1945-2014 (CITRA AMELIA, 2014)

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT ETNIS ACEH DALAM MENGEMBANGKAN ADAT DAN BUDAYA TIONGHOA DI GAMPONG PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (JUNAIDI SIREGAR, 2016)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ETNIS ACEH DENGAN ETNIS TIONGHOA (STUDI TERHADAP STEREOTIP PADA MASYARAKAT GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (FERRY GELLUNY PUTRA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy