//

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RATU NURUL ALAM NAQIATUDDIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bioplastik adalah salah satu jenis plastik yang terbuat dari sumber biomassa terbarukan. Pati dari tandan kosong kelapa sawit berpotensi sebagai bahan baku pembuatan bioplastik dengan menggunakan gliserol sebagai plastizicer. Tujuan penelitian ini untuk membuat film plastik biodegradable, dimana prosedur penelitian adalah pembuatan bioplastik dengan metode solution casting dan karakteristik bioplastik. Pati yang telah diekstrak dari tepung beras digunakan untuk pembuatan film plastik. Ekstraksi pati menggunakan variasi variasi perbandingan gliserol 1,5 gram, 2 gram, dan 2,5 gram. Karakteristik pati dilakukan dengan menggunakan pengujian Fourier Transform Infra-Red (FTIR). Film bioplastik dari tepung beras dikarakterisasi sifat mekanik dan daya tahan serap air. Kata kunci : Tepung beras, pati, dan bioplastik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (ZULAIHA, 2019)

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (RATU NURUL ALAM NAQIATUDDIN, 2019)

PEMBUATAN PLASTI BIODEGRADABEL DARI PATI JAGUNG SEBAGAI ACTIVE PACKAGING BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN (Gifari Jakawali, 2018)

SINTESIS PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TAPIOKA DENGAN VARIASI PERLAKUAN N-ISOPROPILAKRILAMID DAN KHITOSAN MENGGUNAKAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (Sitta Safwani, 2015)

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BONGGOL PISANG KEPOK DENGAN PENAMBAHAN CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) DAN MINYAK SEREH (LEMONGRASS OIL) SEBAGAI ANTIMIKROBA DAN ANTIOKSIDAN (Irmayanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy