//

MODIFIKASI TEKNIK ULTRAFILTRASI UNTUK REDUKSI COLIFORM, LOGAM FE DAN MN PADA AIR SUMUR MASYARAKAT BANDA ACEH PASCA 14 TAHUN TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERDIUS RUDIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Meningkatnya pertumbuhan penduduk dan perkembangan industri menyebabkan kebutuhan air bersih akan terus bertambah. Sementara itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tidak bisa mencukupi suplai air kepada seluruh masyarakat Banda Aceh. Oleh karena itu, masyarakat cendrung menggunakan air sumur sebagai air bersih maupun air minum. Namun, banyak kasus air sumur di Banda Aceh yang terkena imbas tsunami mengandung bakteri coliform dan kandungan logam berat (Fe dan Mn) melebihi standar baku mutu sehingga berdampak negatif bagi kesehatan. Atas dasar pertimbangan itulah diperlukan penangganan khusus untuk mereduksi coliform dan logam berat (Fe dan Mn) pada air tersebut. Teknologi membran merupakan salah satu teknologi pengolahan air. Pada penelitian ini akan dimodifikasi teknik ultafiltasi dengan menggunakan dua sistem yaitu down-flow dan up-flow yang bertujuan untuk mengalirkan retentate ke wadah feed sehingga dapat mencegah terbentuknya cake pada permukaan membrane. Membran ultrafiltrasi dibuat dari polimer polyethersulfone (PES) dengan menggunkan pelarut dimetilformamida (DMF) dan zat adiktif Fe2O3 dalam proses pembuatan membran ultrafiltrasi, PES dibuat dengan cara inversi fasa dengan metode pencelupan dalam bak koagulasi yang berisi larutan non-solven, konsentrasi PES yang digunakan adalah 20%. Membran yang dihasilkan dikarakterisasi berupa fluks membrane, nilai fluks yang hasilkan pada membran PES murni dengan tekanan operasi yang sama yaitu 1.5 bar lebih tinggi yaitu 484.1562 mL/m2.menit dibandingkan nilai fluks pada membrane PES/(Fe2O3 0.125%) yaitu 117.3211 mL/m2.menit. Kata kunci : Modifikasi teknik ultrafiltrasi, zat aditif Fe2O3, Polyethersulfone (PES), air sumur, reduksi coliform dan logam berat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODIFIKASI TEKNIK ULTRAFILTRASI UNTUK REDUKSI COLIFORM, LOGAM FE DAN MN PADA AIR SUMUR MASYARAKAT BANDA ACEH PASCA 14 TAHUN TSUNAMI (NANDA ERWINDA, 2019)

PENURUNAN KADAR LOGAM BESI AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI DENGAN ZEOLIT ALAM BANDA ACEH DAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Hasni, 2015)

DETEKSI LOGAM BERAT (CR, ZN DAN PB) DALAM TANAH TERDAMPAK TSUNAMI DI ACEH SETELAH 10 TAHUN TSUNAMI MENGGUNAKAN TEKNIK LIBS (arlin maya sari, 2015)

PENURUNAN KADAR LOGAM CD AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI NANO ZEOLIT ALAM ACEH DAN PENYARINGAN DENGAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Cut Raziah, 2017)

KAJIAN DISTRIBUSI LOGAM BERAT MANGAN (MN) DAN BESI (FE) PADA TANAH YANG PERNAH DILANDA TSUNAMI SETELAH 10 TAHUN DI ACEH MENGGUNAKAN DATA EMISI SPEKTRAL TEKNIK SPEKTROSKOPI PLASMA LASER LIBS (LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY) (Mirza saputra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy