//

ANALISA PERBANDINGAN KANDUNGAN MINYAK ATSIRI DARI KULIT JERUK DAN DAUN JERUK DENGAN METODE SOXHLETASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANGGA ADITYA SAPUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISA PERBANDINGAN KANDUNGANMINYAK ATSIRI DARI EKSTRAKSI KULIT JERUK DAN DAUN JERUKDENGAN METODE SOXHLETASI ABSTRAK. Jeruk adalah salah satu tumbuhan tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Banyaknya kulit dan daun jeruk yang tidak digunakan dalam industri akan menjadi limbah tanp pengolahan lebih anjut. Minyak atsiri atau disebut juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial, minyak terbang, serta minyak aromatic, adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Penelitian ini bertujuan untuk mengekstrak minyak atsiri dari sisa-sisa kulit jeruk. Mula-mula penelitian ini dilakukan dengan cara memotong kulit jeruk dan daun jeruk menjadi potongan kecil, kemudian ditimbang sebanyak 20 gr. Proses ekstraksi dilakukan dengan menggunakan metode soxhletasi selama 3 jam dengan pelarut methanol sebanak 200 ml. Hasil ekstraksi kemudian dipanaskan pada suhu 70oC menggunakan rotary vacuum evaporator sampai semua etanol menguap. Setelah diperoleh minyak atsiri dilakukan pengujian densitas, kadar keasaman,nilai pH dan yield minyak atsiri.Minyak atsiri yang dihasilkan memiliki kandungan nilai pH yang secara beruturut-turut untuk minyak atsiri dari kulit jeruk dan daun jeruk ialah 5 dan 6. Dan bilangan asam yang diperoleh untuk minyak atsiri dari daun jeruk dan kulit jeruk masing-masing ialah 1.67 dan 2.67 Kata kunci : etanol, kulit jeruk, daun jeruk, minyak atsiri, ektraksi soxhletasi, densitas, bilangan asam,nilai pH., yield.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PERBANDINGAN KANDUNGAN MINYAK ATSIRI DARI KULIT JERUK DAN DAUN JERUK DENGAN METODE SOXHLETASI (ANGGA ADITYA SAPUTRA, 2019)

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Muhammad dami, 2017)

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Masruri, 2017)

PENGARUH MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA(CHRISTM.)SWINGLETERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN- RNRESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUSRN SECARA IN VITRO (Rita Rosita, 2015)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) TERHADAP ISOLAT STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Erni Vajriana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy