//

PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AURIZA SATRIA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kombinasi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang baik menjadi keharusan bagi guru. PCK merupakan pengetahuan yang dikembangkan guru sepanjang waktu, melalui pengalaman, tentang bagaimana membelajarkan suatu materi dalam beragam teknik dan pendekatan untuk memperoleh kekayaan pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil PCK guru Biologi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen, untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dalam perkembangan PCK Guru Biologi pada materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri Kabupaten Bireuen, dan untuk mengetahui kendala yang mempengaruhi PCK Guru Biologi pada materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengambilan data penelitian dilaksanakan selama April 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Bireuen yang berjumlah 137 orang guru. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang guru Biologi dari SMA di Kabupaten Bireuen yang dipilih secara cluster sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. PCK guru diperoleh dengan instrumen CoRe (Content Representation) dan dilakukan triangulasi data dengan angket siswa dan lembar supervisi kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil PCK guru Biologi SMA Negeri kabupaten Bireuen berada pada level growing PCK (level sedang); besar pengaruh keempat aspek CoRe terhadap profil PCK guru Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri Kabupaten Bireuen adalah 98,1%. Sisanya (1,9%) profil PCK guru dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya; serta di antara faktor penunjang PCK guru adalah pengalaman mengajar dan keikutsertaan guru dalam program pendidikan dan pelatihan. Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Content Representation (CoRe), growing PCK.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI PAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU FISIKA DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Roza Zulfira, 2016)

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM MENGAJARKAN BILANGAN DESIMAL DI SEKOLAH DASAR (Fitriadi, 2016)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN GURU BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Lyanda Fitriani Chaniarosi, 2017)

KOMPETENSI TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA MAHASISWA PROGRAM PRAKTIK LAPANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015 (Yulifhirmarijal, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Maida Rindi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy