//

ANALISIS PROFIL PELATIH DAN PROGRAM LATIHAN PENCAK SILAT ACEH BESAR MENUJU PORA TAHUN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIDA SUSANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS PROFIL PELATIH DAN PROGRAM LATIHAN PENCAK SILAT ACEH BESAR MENUJU PORA 2018 Abstrak (Rida Susanti) Pengcab pencak silat Aceh besar harus mempersiapkan atlet-atletnya untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Rakyat Aceh (PORA) 2018 di Aceh Besar. Pelatih dituntut untuk memiliki profil yang memenuhi syarat dan standar ilmu kepelatihan sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik termasuk menyusun program latihan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalis profil pelatih dan program latihan pencak silat Aceh Besar menuju PORA 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun subjek penelitian terdiri dari 2 orang pengurus, 3 orang pelatih, dan 5 orang atlet pencak silat PORA Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: profil pelatih pencak silat PORA Aceh Besar sebagai berikut: (1) sebanyak 2 orang pelatih (67%) memiliki jenjang pendidikan SMA dan 1 orang pelatih (33%)sarjana olahraga, (2) sebanyak 2 orang pelatih (67%)memiliki jenjang melatih tingkat provinsi dan 1 orang pelatih (33%) tingkat nasional,(3) semua pelatih memiliki lisensi provinsi, (4)sebanyak 1 orang pelatih (33%) sudah melatih di bawah 6 tahun dan 2 orang pelatih (67%) di atas 6 tahun, (5)sebanyak 1 orang pelatih (33%) membawa atlet menuju tingkat provinsi dan 2 orang pelatih (67%) menuju tingkat nasional. Gaya kepemimpinan pelatih dominan ke gaya kepemimpinan demokrasi dan peran pelatih juga sebagai guru, teman, orang tua, serta motivator. Hasil analisis program latihan yang disusun oleh pelatih pencak silat Aceh Besar menuju PORA 2018 tidak sesuai dengan kaidah dan prinsip-prinsip penyusunan program latihan, tidak layak untuk digunakan dan masih mempunyai banyak kesalahan serta kekurangan yaitupada jangka program latihan, pembagian periodeisasi latihan, isi program latihan, itensitas latihan, volume latihan dan peak performance pertandingan. Kata Kunci: profil pelatih, program latihan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PROGRAM LATIHAN ATLET PENCAK SILAT PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) ACEH TAHUN 2017 (Rizki Amalani, 2018)

EVALUASI KELINCAHAN TENDANGAN SAMPING DAN POWER OTOT LENGAN ATLET PENCAK SILAT UKM UNSYIAH TAHUN 2016 (Jufrianto, 2018)

BENTUK PENYAJIAN DAN MAKNA GERAK PENCAK SILAT PELINTAU DI KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Agustina, 2015)

KENDALA ATLET PENCAK SILAT BINAAN DISPORA ACEH DALAM MENGIKUTI LATIHAN RUTIN TAHUN 2017 (Rika Alfrida, 2018)

ANALISIS KETEPATAN PENILAIAN PUKULAN DAN TENDANGAN PADA PERTANDINGAN PENCAK SILAT MENGGUNAKAN ALAT SENSOR ACCELEROMETER (NOVIA ROZALINI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy