//

PENGARUH METODE TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DARI GALUR MURNI HASIL PEMULIAAN PADI LOKAL ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SATRIA JAYA - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
VARIETIES - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agroekoteknologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Satriajaya. Pengaruh Metode Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Dari Galur Murni Hasil Pemuliaan Padi Lokal Aceh. dibawah bimbingan Efendi sebagai pembimbing ketua dan Sabaruddin sebagai pembimbing anggota Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Dari Galur Murni Hasil Pemuliaan Padi Lokal Aceh. Penelitian ini dilaksanakan dari Bulan Juni sampai dengan September 2017 di Desa Lamtanjong Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 3 ulangan. Perlakuan yang diteliti adalah metode tanam yaitu pindah tanam dan tabela (T) dan Galur Murni Hasil Pemuliaan Padi Lokal Aceh dan Varietas Padi Nasional (G). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah cabang malai, panjang malai per rumpun, panjang total cabang malai, berat gabah per rumpun, persentase gabah hampa per rumpun, persentase gabah berisi per rumpun, jumlah gabah per malai dan berat 1000 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor metode tanam berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan tanaman pada 60 dan 90 HST, serta tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman 30 HST, jumlah anakan 30, 60 dan 90 HST, jumlah cabang malai, panjang malai per rumpun, panjang total cabang malai, berat gabah per rumpun, persentase gabah hampa per rumpun, persentase gabah berisi per rumpun, jumlah gabah per malai dan berat 1000 butir. Padi galur murni berpengaruh signifikan terhadap jumlah gabah per malai serta panjang total cabang malai, namun tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman 30, 60 dan 90 HST, jumlah anakan 30, 60 dan 90 HST, jumlah cabang malai, panjang malai per rumpun, panjang total cabang malai, berat gabah per rumpun, persentase gabah hampa per rumpun, persentase gabah berisi per rumpun dan berat 1000 butir, serta potensi hasil. Galur padi dengan produksi hasil tertinggi dijumpai pada metode pindah tanam dan metode tanam benih langsung yaitu Galur M5 USK-Snb.RGO-238-094-088j-14

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KUALITAS SAWAH BUKAAN BARU DENGAN BERBAGAI AMELIORAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERTUMBUHAN PADI LOKAL TIPE BARU (Muhammad Nasir, 2019)

UJI ADAPTASI DAN KARAKTERISTIK IKLIM MIKRO BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L.) (Ahmad Ema Farma, 2013)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI GALUR POTENSIAL PADI ACEH CANTEK MANIS DAN SIPUTEH DI DESA SUKA MAKMUR (Riski Amanda, 2017)

ANALISIS PENENTUAN PEWILAYAHAN DAN KOMODITI ANDALAN TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (PUTRI YUSTIANI, 2016)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL GALUR PADI F3 HASIL PERSILANGAN SIKUNENG DENGAN IRBB27 SEBAGAI KANDIDAT GREEN SUPER RICE (GSR) PADA KONDISI AEROBIK (MUHAMMAD ILHAM, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy