//

PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO TERHADAP PETUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFKY INDRA - Personal Name
SubjectFERTILIZERS
TOMATOS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman tomat pada berbagai dosis pupuk guano terhadap beberapa varietas tomat. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 4 x 3 dengan 3 ulangan yang terdiri dari 2 faktor perlakuan. Faktor pertama dosis pupuk guano terdiri dari 4 taraf yaitu kontrol, 7,5 ton/ha, 15 ton/ha dan 22,5 ton/ha. Faktor kedua varietas tomat yang terdiri dari 3 varietas yaitu Betavila F1, Permata F1 dan Servo F1. Parameter pertumbuhan yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter pangkal batang dan jumlah daun 15, 30 dan 45 HST. Parameter hasil yang diamati adalah jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman, diameter buah, berat per buah dan produksi buah per hektar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk guano berpengaruh nyata terhadap jumlah daun umur 30 HST, namun tidak berpengaruh nyata pada peubah lainnya. Pertumbuhan dan hasil tanaman tomat yang cenderung lebih baik dijumpai pada dosis pupuk guano 22,5 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah daun umur 45 HST, berat per buah, diameter buah, berat buah per tanaman dan produksi buah per hektar. Berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 HST dan jumlah buah per tanaman. Pertumbuhan dan hasil tanaman tomat terbaik dijumpai pada varietas Servo. Tidak terdapat interaksi antara dosis pupuk guano dengan varietas terhadap semua peubah yang diamati

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO TERHADAP PETUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM L.) (RIFKY INDRA, 2019)

PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Agus Maulidani, 2018)

PENGARUH PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Fitria Ulfah, 2014)

PERLAKUAN BENIH KADALUARSA MENGGUNAKAN RIZOBAKTERI TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR SERTA PERTUMBUHAN BIBIT PADA DUA VARIETAS TANAMAN TOMAT (Susan Purnama, 2018)

: EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PHYTHIUM SP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR DUA VARIETAS BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Annisa Humaira, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy