//

HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Safitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Safitri, Ayu. 2019. Hubungan minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesjid Raya.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Amsal Amri, M.Pd., (2) Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc Kata Kunci: hubungan, minat belajar siswa, perhatian orang tua, hasil belajar, IPS Terpadu Minat belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siwa. Keluarga merupakan lingkungan sosial kecil yang dikenal pertama kali oleh seseorang anak. Oleh karena itu keluarga mempunyai peran penting bagi perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Secara lebih spesifik dapat dikatakan bahwa yang sangat mempengaruhi prestasi belajar anak dari faktor keluarga adalah dukungan dan perhatian orang tua. perhatian tersebut dapat berupa pemberian fasilitas belajar, membantu kesulitan, maupun pemberian penghargaan atau hukuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri 1 Mesjid Raya. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesjid Raya yang berjumlah 80 siswa dan diambil sampel sebanyak 40 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: hubungan minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mesjid Raya adalah sebesar 0,294 yang menyatakan bahwa hubungan rendah. Hubungan antara minat belajar siswa ( X_1), perhatian orang tua ( X_2), dan hasil belajar IPS (Y) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perbandingan nilai F_hitung dan F_(tabel )yaitu, 1,75 < 3,26. simpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mesjid Raya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEKERJAAN RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Idami Syarifuddin, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMADUA, KABUPATEN ACEH SELATAN (AKHYUL RUQAIYAH, 2019)

HUBUNGAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO (Ayu Safitri, 2016)

PENGARUH MINAT DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (ADE IRMA SURYANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy