//

STRATEGI PEMENANGAN IRWANDI YUSUF PADA PILKADA TAHUN 2017 DI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saumi Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya dengan perolehan jumlah suara sebanyak 898.710 dari total suara sah 2.414.801. Adapun hasil Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017 khusunya di kabupaten Aceh Besar pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebanyak 88.511 suara, dengan total suara sah sebanyak 189.897. Dari hasil perolehan suara tersebut menunjukkan bahwa pasangan nomor urut enam Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah berhasil mengalahkan 5 kandidat lainnya. Kemenangan ini menarik untuk ditelusuri lebih lanjut terkait strategi dan faktor apa saja yang digunakan oleh pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah untuk memenangkan Pilkada gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemenangan Irwandi Yusuf pada Pilkada tahun 2017 di Aceh Besar serta faktor-faktor yang Menyebabkan Irwandi-Nova meraih kemenangan di Aceh Besar. Hal tersebut yang menjadi fokus peneliti tentang bagaimana strategi pemenangan Irwandi Yusuf pada Pilkada Tahun 2017 di Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kemenangan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pada Pilkada tahun 2017 di Aceh Besar mencakup beberapa hal diantaranya: membangun komunikasi politik antar warga dengan melakukan pendekatan langsung dengan masyarakat, serta memberikan penggambaran kepada masyarakat tentang visi dan misi yang akan direalisasikan. Selain itu juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara dialog dan diskusi tidak hanya dengan masyarakat akan tetapi juga merangkul tokoh ulama. Faktor yang mempengaruhi kemenangan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah mencakup beberapa faktor diantaranya: Program JKA dijalankan oleh Irwandi, Jaminan Kesehatan Aceh merupakan Program pemerintah Aceh di masa kepemimpinan Irwandi Yusuf pada tahun 2010 silam. Kekuatan mesin politik partai pendukung yakni Partai Demokrat, PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), PNA (Partai Nasional Aceh), PD Aceh (Partai Daerah Aceh) dan PDI-P ( Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan). pengaruh kepemimpinan Irwandi periode 2007-2012 sebagai Gubernur Aceh, kepiawaiannya membangun citra sebagai figur pemimpin yang dekat dengan rakyat dan memiliki komitmen terhadap nasib rakyat kecil, peka terhadap persoalan yang di hadapi masyarakat. Kata kunci: Strategi Pemenangan, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Pilkada 2017

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN STRATEGI POLITICAL MARKETING PASANGAN IRWANDI YUSUF - NOVA IRIANSYAH DENGAN MUZAKIR MANAF - TA KHALID PADA PILKADA ACEH 2017 (ANDRI SUSARNO, 2018)

STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN MUZAKIR MANAF – T A KHALID PADA PILKADA 2017 DI ACEH SELATAN (STUDI PERBANDINGAN ANTARA KECAMATAN PASIE RAJA DENGAN KECAMATAN TAPAKTUAN) (Muhammad Afdhal Nasir, 2018)

POLITIK IDENTITAS ETNIS PADA PILKADA 2017 (STUDI KASUS TERHADAP KEMENANGAN IRWANDI-NOVA DI KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH) (Sabardi, 2019)

MOBILISASI SANTRI DALAM MEMENANGKAN PASANGAN IRWANDI YUSUF DAN NOVA IRIANSYAH PADA PILKADA TAHUN 2017 (STUDI KASUS DAYAH AL-MUHAJIRIN ASWAJA ABI LAMPISANG, KECAMATAN SEULIMEUM, ACEH BESAR) (RICKY REVIANDA, 2018)

KEKALAHAN MUZAKIR MANAF-TA KHALID DALAM PILKADA SERENTAK 2017: ANALISIS EFEKTIVITAS PARTAI ACEH DALAM MENDULANG SUARA DI PILKADA (Khairul Imam, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy