//

PERANCANGAN TATA LETAK LAPANGAN PENYIMPANAN PETI KEMAS MENGGUNAKAN INTEGER LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS : PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) CABANG MALAHAYATI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chientya Teguh Nalaswati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perancangan Tata Letak Lapangan Penyimpanan Peti Kemas Menggunakan Integer Linear Programming (Studi Kasus : PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Malahayati) ABSTRAK PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Malahayati merupakan salah satu pelabuhan yang bergerak dibidang logistik dan menjadi pintu masuk pergerakan barang dari perdagangan yang berbasis transportasi laut dengan pengiriman barang menggunakan peti kemas. Saat ini, terdapat lapangan penyimpanan tumpukan peti kemas di PT. Pelindo yang sudah kelebihan muatan atau overload. Hal ini disebabkan oleh peletakan sembarangan dan peletakkan yang tidak memperhatikan jarak dari dermaga ke lapangan penyimpanan peti kemas sehingga pihak pelindo mengadakan lapangan baru. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah dalam menentukan penumpukan yang optimal yaitu dengan metode Integer Linear Programming dengan metode matematis untuk meminimalkan jarak berdasarkan model matematika yang melibatkan variabel-variabel yang bersifat integer. Integer Linear Programming digunakan untuk membangun model yang digunakan untuk merancang tata letak penyimpanan lapangan peti kemas dengan lahan berukuran 6.980 m2, serta mengetahui posisi optimal untuk peletakan peti kemas dengan mempertimbangkan jarak perpindahan. Hasil yang didapatkan adalah terdapat 4 usulan layout yang dihasilkan dengan bantuan software LINGO yaitu skenario layout 1 dengan peletakkan campuran vertikal dan horizontal menghasilkan kapasitas optimal sebanyak 924 peti kemas dengan total jarak 26.319.63 m, skenario layout 2 dengan peletakkan campuran vertikal dan horizontal menghasilkan kapasitas optimal sebanyak 888 peti kemas dengan total jarak 20.595,81 m, skenario layout 3 dengan peletakkan vertikal menghasilkan kapasitas optimal sebanyak 892 peti kemas dengan total jarak 26.319.63 m, skenario layout 4 dengan peletakkan horizontal menghasilkan kapasitas optimal sebanyak792 peti kemas dengan total jarak 35.396,26 m. Namun, skenario layout 2 menjadi tata letak usulan yang paling optimal untuk lapangan penumpukan peti kemas Pelindo dengan jarak yang paling pendek dengan penyusunan horizontal dengan pertimbangan untuk mempersingkat waktu saat bongkar muat di lapangan. Kata Kunci : PT. Pelabuhan Indonesia, Peti Kemas, Integer Linear Programming Tata Letak, LINGO.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KENAIKAN TARIF PELABUHAN PADA JASA PENUMPUKAN PETI KEMAS MENGGUNAKAN MODEL REGRESI LOGISTIK (STUDI KASUS: PT PELINDO I CABANG MALAHAYATI) (NURUL AISYAH LUBIS, 2018)

ANALISIS AKTIVITAS PELABUHAN MALAHAYATI BERBASIS PROGRAM TOL LAUT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SYSTEMS THINKING (Novira Sukmarita, 2019)

EVALUASI KINERJA PELABUHAN MALAHAYATI DALAM MENDUKUNG PROGRAM TOL LAUT INDONESIA (Taharuddin, 2018)

KAJIAN PENJADWALAN PERKULIAHAN SISTEM POST-ENROLLMENT DALAM IMPLEMENTASI ALGORITMA INTEGER PROGRAMMING 0 DAN 1 (STUDI KASUS PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNSYIAH) (REZA AULIA, 2018)

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CORELAP DAN SIMULASI (STUDI KASUS: PT. DENDENG ACEH GUNUNG SEULAWAH) (MUHAMMAD ADIB N, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy