//

STRATEGI PARTAI GARUDA PADA PROSES VERIFIKASI PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU TAHUN 2019 ( STUDI KASUS DPD PARTAI GARUDA PROVINSI ACEH )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Andyka - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Verifikasi partai politik adalah penelitian atau pemeriksaan terhadap kelengkapan, keabsahan dan kebenaran dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) adalah partai politik nasional yang akan mengikuti proses pemilu pada tahun 2019. Sebagai partai politik baru dibutuhkan penyusunan strategi dilakukan oleh partai Garuda DPD Aceh untuk dapat menghadapi verifikasi partai peserta Pemilu 2019 dan menjadi pemenang pada pemilu 2019 di Aceh. Tujuan penulis dalam penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana proses verifikasi partai Garuda sebagai partai politik peserta pemilu tahun 2019, menjelaskan strategi partai Garuda menghadapi verifikasi dan menjelaskan bagaimana marketing politik partai Garuda sebagai partai politik baru peserta Pemilu tahun 2019 serta yang menjadi hambatan dan tantangan dalam proses verifikasi partai Garuda sebagai partai politik peserta pemilu tahun 2019. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi pendekatan yaitu observasi, menggunakan teknik wawancara mendalam untuk memahami masalah yang diteliti. Data primer yang diperoleh melalui (wawancara), kemudian data sekunder melalui buku-buku, jurnal, media massa. Kemudian dianalisis menggunakan teori partai politik, Pemilu dan strategi marketing politik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa partai Garuda menjalani dua kali proses verifikasi yaitu Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Faktual sebagaimana diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017 pasal 173 tentang Pemilu, dalam hal strategi partai Garuda menggunakan upaya pendekatan melalui program kerja yang solutif dalam bidang ekonomi, dalam hal marketing politik partai Garuda menggunakan media sosial sebagai sarana mempromosikan partai dan menggunakan metode gerilya sunyi. Keuangan/pendanaan partai dan tingkat kesadaran kader partai menjadi hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh partai Garuda DPD Aceh. Disarankan dalam menyikapi permasalahan yang terjadi didalam internal partai agar dapat melakukan koordinasi dengan DPD Pusat dalam menyelesaikan permasalahan pendanaan partai dan mendirikan badan usaha milik partai untuk keberlansungan keuangan partai. Partai Garuda wajib memberikan pendidikan politik kepada setiap para kader-kadernya. Kata Kunci: Verifikasi partai, Strategi Marketing, Partai Garuda, Pemilu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PEMENANGAN KURSI DPRK PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN BIREUEN (SYAHRIZAL, 2015)

PENYEBAB MENURUNNYA SUARA PARTAI DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA BANDA ACEH (Dian Maulana, 2016)

STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF DPRA PADA PEMILU TAHUN 2014 (SUATU KAJIAN: DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Muhajir, 2014)

STRATEGI POLITIK PARTAI GERINDRA DALAM PEROLEHAN KURSI ANGGOTA LEGISLATIF KOTA BANDA ACEH PADA PEMILU TAHUN 2014 (Tm Ridduwan Syah, 2019)

STRATEGI KEMENANGAN PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN SIMEULUE (Dafril Efendi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy