//

PERANCANGAN SARUNG UNTUK PENDERITA PASCA STROKE DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AKBARUL KARIM - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Stroke merupakan penyakit atau gangguan fungsional pada otak yang berupa kelumpuhan saraf akibat terhambatnya aliran darah ke otak. Hemiperese salah satu ganguan gejala stroke dapat menyebabkan penderita mengalami berbagai keterbatasan sehingga penderita stroke banyak mengalami ketergantungan kepada orang lain untuk beraktifitas. Pasca stroke merupakan keadaan penderita menjadi cacat ringan dan cacat berat sehingga membutuhkan rehabilitasi. Rehabilitasi pada umumnya dilakukan untuk menghindari komplikasi seperti terjadinya kontraktur kekakuan otot. Oleh karena itu dilakukan perancangan sarung tangan untuk penderita pasca stroke yang berfungi untuk mencegah kontraktur. Dalam proses mendesain sarung tangan tersebut digunakan data antropometri dan metode Kansei engginering. Kansei merupakan suatu metode yang menyatukan perasaan dan emosi pada suatu produk. Terdapat data antropometri rata-rata tangan orang Indonesia, dan terdapat 10 kata Kansei Engineering dan 6 elemen desain pada kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden termasuk dokter ahli. Diharapkan dengan adanya sarung tangan pasca stroke tersebut depat menjadi solusi bagi penderita pasca stroke dalam melakakukan stretching dan olahraga ringan guna mengembalikan fungsi otot. Kata Kunci: Prototype Sarung Tangan Pasca Stroke, Pasca Stroke, Perancangan Produk, Antropometri, Kansei Enginnering.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALAS KAKI KESEHATAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Irfan, 2018)

INOVASI KACAMATA UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS: KOTA BANDA ACEH) (RAHMA ALMIRA, 2018)

ALAT PENUNJANG KOMUNIKASI DENGAN KONSEP DATA GLOVE UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (MUNA ADILAH, 2017)

GAMBARAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ulyana Fazil, 2014)

PENGARUH PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN MENJALANI NEUROREHABILITASI PADA PASIEN PASCA STROKE DI UNIT REHABILITASI MEDIK RSUDZA BANDA ACEH (Syarifah Chaira, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy