//

OPTIMISME MENGHADAPI MASA DEPAN PADA TERPIDANA QANUN JINAYAH YANG TERKENA HUKUMAN CAMBUK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mhd. Ayita Bahar - Personal Name
SubjectCRIMINAL LAW
ISLAMIC LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hukuman cambuk merupakan salah satu bentuk pemidanaan terhadap pelaku pelanggaran syariat Islam. Pada pelaksanaannya hukuman cambuk berimplikasi pada kondisi psikologis dan sosial terpidana yang berdampak terhadap rendahnya optimisme. Hal tersebut perlu diubah terpidana untuk mampu tumbuh sehat dan optimis menghadapi masa depan. Sikap optimisme merupakan salah satu emosi positif yang berhubungan dengan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimisme menghadapi masa depan pada terpidana qanun jinayah yang terkena hukuman cambuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden empat orang terpidana hukuman cambuk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga orang responden yaitu MR, DS dan AF menunjukkan sikap optimisme menghadapi masa depan, namun responden ZL dinyatakan tidak optimis dikarenakan tidak terpenuhinya salah satu aspek optimisme yaitu personalisasi dengan menganggap peristiwa buruk yang terjadi padanya bersumber dari dirinya sendiri. Optimisme menghadapi masa depan muncul setelah responden MR, DS dan AF mengalami peristiwa hukuman cambuk yang menyebabkan perubahan pola pikir. Optimisme menghadapi masa depan juga menjadikan responden MR, DS dan AF memiliki kekuatan dan keyakinan untuk mengubah peristiwa hukuman cambuk sebagai pembelajaran untuk memperbaiki diri. Penelitian ini juga menemukan bahwa optimisme masa depan pada terpidana hukuman cambuk dipengaruhi oleh faktor dukungan sosial diantaranya orang tua, saudara dan kerabat. Kata kunci : optimisme menghadapi masa depan, terpidana qanun jinayah, hukuman cambuk.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP HUKUMAN CAMBUK SEBAGAI BENTUK PENERAPAN QANUN JINAYAH (PERSPEKTIF PSIKOLOGI) (NURBAITI, 2019)

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP HUKUMAN CAMBUK SEBAGAI SALAH SATU BENTUK HUKUMAN PELANGGARAN QANUN JINAYAT (MAKBULL RIZKI, 2019)

PELAKSANAAN PUTUSAN MAHKAMAH SYAR'IYAH TENTANG HUKUMAN CAMBUK DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR'IYAH MEULABOH DAN TAPAKTUAN (nurhikmah, 2014)

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN OPTIMISME MENGHADAPI MASA DEPAN PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN (wenny aidina, 2013)

EFEKTIF PENERAPAN HUKUMAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA MAISIR DALAM QANUN NOMOR 6 TAHUN 2014 (SUATU PENELITIAN DI BANDA ACEH) (Ridha Hidayatullah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy