//

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN BAHAN ALAM DI TK SATU ATAP SD BUNG SIMEK ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosmawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rosmawati. 2018. Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce Dengan Media Bahan Alam di TK Satu Atap SD Bung Simek Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Dra.Yuhasriati, M.Pd Kata Kunci : Motorik halus, Kegiatan meronce, Media bahan alam. Motorik halus merupakan gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil saja seperti ketrampilan menggunakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Kajian dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce di TK Satu Atap SD Bung Simek Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan bahan alam di TK Satu Atap SD Bung Simek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak, peneliti menstimulasi anak terlebih dahulu dengan memberikan contoh kemudian anak membuat roncean sesuai dengan apa yang diinginkan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 10 orang anak yang terdiri atas 4 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Penelitian ini memfokuskan pada motorik halus melalui kegiatan meronce yaitu koordinasi mata dengan tangan, kelenturan jari, ketepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak melalui kegiatan meronce pada siklus I, anak yang belum berkembang (BB) hanya 8 orang anak, mulai berkembang (MB) 2 orang anak. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yaitu anak yang belum berkembang (BB) 1 orang anak, mulai berkembang (MB) 2 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) 3 orang anak dan berkembang sangat baik (BSB) 4 orang anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini adalah kegiatan meronce dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini. Sebaiknya untuk meningkatkan motorik halus, guru dapat mengoptimalkan kegiatan meronce kepada anak sejak usia dini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD BUNGA MELATI (FERIZA MUSDALIKA, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN USAP ABUR DI TK POTEUMEUREUHOM BANDA ACEH (NAZIRAH ULFA, 2019)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI PAUD KARAWARA-WA KABUPATEN ACEH BESAR (Ismanida, 2019)

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BUBUR KERTAS DI TK HJ CUT NYAK AWAN ACEH BESAR (AURA RIZKI WAHYUNI, 2019)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT LUKISAN DARI DAUN KERING DI PAUD HARAPAN BUNDA ACEH BESAR (Khairati, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy