//

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS K13 REVISI 2016 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL 2018 DI SMA NEGERI 5 TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANDIKA BAYANGKARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bayangkara. Andika 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis K13 Revisi 2017 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI Semester Ganjil 2018 Di SMA Negeri 5 Takengon , Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Thamrin K,M,Si (2) H.Daska Aziz, S.Pd,MA Kata Kunci: Penerapan, Metode Inkuiri, K13 Revisi, Hasil Belajar, XI IPS Dalam suatu kegiatan belajar mengajar haruslah memiliki sesustu hail yang dapat meningkatakan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam sustu pembelajaran sehingga perlua adanya metode dan kurikulum yang singkron sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan maka dari itu peneliti menerapkan Metode inkuiri untuk menjawab tatangan tersebut dikarenakan metode inkuiri merupakan satuan kegiatan belajar yang melibatkan kemampuan sisiwa untuk mencari, menyelidiki, dan menyimpulkan jawaban dari suatu masalah dengan kemampuannya sendiri. Sehingga peneliti dengan Kurikulum K13 Revisi 2017 yang telah di susun oleh pemerintah sebagai pedoman.Penelitian ini berupa PTK yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar, aktivitas, keterampilan guru dan respon siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 5 Takengon yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Dengan hasil sebagai berikut (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 35% pada siklus I menjadi 61% pada siklus II dan 82% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 62,5% pada siklus II dan 87,5% pada siklus III. (2) Jumlah aktivitas guru dan siswa meningkat dari 6 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 8 aktivitas sesuai pada siklus II dan 10 aktivitas sesuai pada siklus III. (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,48 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 2,85 dengan kategori baik pada siklus II dan 3,37 dengan kategori baik pada siklus III. (4) Pada umumnya siswa menyatakan setuju bahwa penerapan metode pembelajaran Inkuiri sangat menyenangkan dan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil belajar siklus I, II, dan III maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Inkuiri berbasis k13 revisi 2017dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BUTIR SOAL GEOGRAFI KELAS XI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 DI SMA NEGERI KOTA LHOKSEUMAWE (NABILA AMALIA, 2019)

PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERINTEGRASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Hera Haslia, 2017)

ANALISIS KUALITAS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 MATA PELAJARAN GEOGRAFI BUATAN GURU KELAS XI SMA NEGERI SE KOTA BANDA ACEH (Dewi Melati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy