//

OPTIMASI BIAYA PEMBANGKIT LISTRIK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIK DENGAN FUNGSI OBJEKTIF RUGI-RUGI TRANSMISI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rian Dwika Yuriki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kinerja suatu sistem tenaga yang maksimal sangat dibutuhkan agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah sistem yang disebut dengan interkoneksi, dimana suatu bagian dalam sistem dapat mendukung kinerja bagian lainnya. Banyak hal yang perlu diperhatikan supaya sistem dapat beroperasi dengan optimal seperti biaya pembangkitan, kualitas tegangan, rugi-rugi daya dan lain-lain sehingga perlu dilakukan optimasi pada sistem interkoneksi. Simulasi pada penelitian ini menggunakan data sistem interkoneksi IEEE 14 bus dan dikerjakan dengan menggunakan aplikasi MATLAB 2013a. Setelah dilakukan perhitungan aliran daya, pada sistem interkoneksi IEEE 14 bus, selanjutnya dilakukan optimasi dengan menggunakan motode algoritma genetik. Metode algoritma genetik bekerja dengan melakukan proses seleksi, rekombinasi, dan juga mutasi untuk mendapatkan nilai fungsi fitness optimum. Optimasi yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir total biaya pembangkitan daya generator dalam sistem tenaga listrik dengan memperhatikan batasan daya output generator. Sebelum optimasi dilakukan, total biaya pembangkitan daya pada sistem interkoneksi IEEE 14 bus adalah senilai 1178,42 Dollar/jam dengan besar rugi-rugi daya sebesar 13,599 MW. Setelah optimasi dilakukan, rugi-rugi tegangan turun menjadi 7,4493 MW dengan total biaya pembangkitan daya yang didapatkan sebesar 1125,888 Dollar/jam. Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem interkoneksi IEEE 14 bus sudah beroperasi secara optimal sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA TINGKAT KORONA, AUDIBLE NOISE DAN RADIO INTERFERENCE PADA SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI 275 KV MEDAN-BANDA ACEH (Andri, 2018)

ANALISIS DAMPAK DISTRIBUTED GENERATION TERHADAP PERBAIKAN TEGANGAN DAN RUGI-RUGI DAYA PADA SISTEM 20KV DI AREA SIANTAR RAYON TANAH JAWA DENGAN ETAP 7.0.0 (Gilang Wirizkho Romadhona, 2015)

STUDI INTEGRASI DISTRIBUTED GENERATION PADA SALURAN DISTRIBUSI PLN DI KRUENG RAYA (Renno Kamal Putra, 2016)

ANALISIS RUGI - RUGI DAYA PADA JARINGAN TEGANGAN MENENGAH DAN JARINGAN TEGANGAN RENDAH PADA PENYULANG RNBLANG BINTANG RAYON LAMBARO CABANG BANDA ACEH (Riza Mursal, 2014)

STUDI KINERJA STEP VOLTAGE REGULATOR TERHADAP PERBAIKAN TEGANGAN PADA SISTEM DISTRIBUSI 20 KV DI PT.PLN (PERSERO) GARDU INDUK BANDA ACEH (Rahmad, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy