//

PERANCANGAN ALAT PENGERING IKAN ASIN DENGAN PERANCANGAN KONSEPTUAL BERBASIS SMART TECHNOLOGY (STUDI KASUS : PRODUKSI IKAN ASIN DI LHOKSEUDU, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULIA SAWITRI - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Ikan asin merupakan olahan pengawetan ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Asia dengan cara pengawetan kering untuk menghambat proses pembusukan. Lhokseudu merupakan kawasan industri pengolahan ikan asin terbesar di Aceh Besar. Pasca Tsunami 2004, kawasan tersebut mendapatkan bantuan berupa alat pengering konvensional. Namun, kurang tersedianya akses penggunaan alat pengering menjadikan pelaku usaha ikan asin kembali dengan pengeringan secara tradisional. Perancangan teknologi alat pengering diperlukan dalam meningkatkan mutu produktivitas, value added, kuantitas produk dan optimasi dalam pengeringan ikan asin. Sehingga perlu dikaji lebih lanjut agar industrialisasi kelautan dan perikanan dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat pengering ikan asin berbasis smart technology dengan pemanfaatan konektivitas internet. Perkembangan globalisasi Industri masa kini menuntut peningkatan dalam perkembangan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan kemudahan operasional. Perancangan alat pengering ini menggunakan metode Perancangan Konseptual yang meliputi tahapan seperti mengidentifikasi kebutuhan, benchmarking produk kompetitor sebagai acuan pembuatan spesifikasi alat yang dibangun, abstraksi spesifikasi, membuat struktur fungsi dengan functional modelling sehingga diperoleh 3 struktur fungsi, selanjutnya melakukan pemilihan prinsip kerja agar dapat dikembangkan menjadi struktur kerja yang paling sesuai. Pembuatan prototype dilakukan untuk melihat keberhasilan fungsi dari alat pengering. Hasil yang didapat berupa ikan asin dan data kontrol sistem berupa pengendalian jarak jauh suhu, kelembaban dan berat pada alat rancangan yang diakses melalui PC/Smartphone. Tahapan terakhir yakni evaluasi konsep dari Alat Pengering Ikan Berbasis smart technology. Kata Kunci: Ikan Asin, Lhokseudu, Pengeringan Ikan, Alat Pengering, Smart Technology, Perancangan Konseptual, Kontrol Sistem.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN DIRNPASAR LAMBARO DAN PASAR KEUTAPANG DUARNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT FITRIA RISDA YANTI, 2015)

ANALISIS PROFIT DAN KENDALA PADA USAHA PENGOLAHAN IKAN ASIN DI KABUPATEN ACEH JAYA (RISTI ASRY, 2016)

PROFIL PENJUAL IKAN ASIN DI LAYEUN LHOK SEUDU DALAM MENDUKUNG PENDAPATAN KELUARGA (Neli Nelia, 2018)

ANALISA NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI IKAN TERI BIREUENRN(STUDI KASUS PADA USAHA AGROINDUSTRI IKAN TERI DI KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN) (Rizka, 2014)

SURVEY PERILAKU PENJUAL IKAN ASIN DI WILAYAH PANTAI BARAT ACEH BESAR, ACEH JAYA DAN ACEH BARAT TERHADAP PENGGUNAAN FORMALIN (Indah Sari Melisa, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy