//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DEEP DIALOGUE DENGAN TIPE READ PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ermilawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ermilawati, 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Deep Dialogue Dengan Tipe Read Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Syamsul Bardi, M.Si, (2) Drs. Thamrin K, M.Si Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, deep dialogue, read, geografi Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran deep dialogue dan model pembelajaran read pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Deep Dialogue lebih baik daripada tipe Read pada mata pelajaran geografi siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Banda Aceh. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui apakah perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Deep Dialogue lebih baik daripada tipe Read pada mata pelajaran georgrafi siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa Kelas XI-IS 1 sebagai Kelas eksperimen I dan Kelas XI-IS 2 sebagai Kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 15,71 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 41 artinya thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan diterima Ha berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwasanya hipotesis dalam penelitian ini menyatakan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Deep Dialogue lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Read di SMA Negeri 6 Banda Aceh dapat diterima kebenarannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy