//

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG CEKER AYAM DENGAN PERSENTASE BERBEDA PADA RANSUM TERHADAP PRODUKTIVITAS KAMBING ETAWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Al Muarif - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah, hal ini disebabkan oleh produksi susu juga yang rendah. Kambing Peranakan Etawa salah satu penghasil susu yang cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Namun untuk memperoleh hasil yang optimal perlu diperhatikan manajemen pemeliharaannya yaitu pakan. Untuk menekan biaya produksi agar susu dapat terjangkau oleh masyarakat maka dengan ini memanfaatkan limbah. Limbah ceker ayam adalah salah satu limbah yang dapat dijadikan pakan tambahan bagi ternak. Selain mudah didapatkan dan murah, ceker ayam juga masih mengandung nutrisi yang tinggi. Ceker ayam yang sudah dijemur dan digiling sehingga menjadi tepung mempunyai kadar protein yang tinggi. Penelitian tentang pengaruh penambahan tepung ceker ayam dengan persentase berbeda pada ransum terhadap produktivitas kambing Peranakan Etawa, dilaksanakan di UD. Atjeh Livestock, Jl. Lingkar Kampus Desa Limpok Kec. Darussalam, Kab Aceh Besar, Provinsi Aceh pada Juni sampai oktober 2018. Tahapan penelitian dimulai dari tahap persiapan, kemudian tahap pemeliharaan dan tahap pengambilan data. Perlakuannya terdiri dari R0 (kontrol tanpa penambahan tepung ceker ayam), R1 (penambahan tepung ceker ayam sebanyak 2,5%), R2 (penambahan tepung ceker ayam sebanyak 5%), R3 (penambahan tepung ceker ayam sebanyak 7,5%)dan R4 (penambahan tepung ceker ayam sebanyak 10%). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan tepung ceker ayam dengan persentase berbeda pada ransum berpengaruh nyata (P0,05) terhadap pertambahan berat badan, volume ambing dan konsumsi pakan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUSU MELALUI PENAMBAHAN TEPUNG CEKER AYAM DENGAN PERSENTASE YANG BERBEDA DALAM RANSUM KAMBING PERANAKAN ETAWAH (Masitah, 2019)

PENGAMATAN PRODUKSI TELUR AYAM ARAB DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KULIT TELUR DI DALAM RANSUM (Reza Purnama, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS L.MERR) DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING PERANAKAN ETAWA (NICCO SATRIA POHAN, S.KH, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH IKAN LEUBIM (CANTHIDERMIS MACULATA) DALAM RANSUM TERHADAP BERAT DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (SYAUWAL MUBARRAK, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG SAGU (METROXYLON SAGO) DENGAN PERSENTASE YANG BERBEDA PADA PEMBUATAN SOSIS DAGING AYAM TERHADAP UJI ORGANOLEPTIK DAN DAYA IKAT AIR (ZUHRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy