//

PENGARUH JUMLAH RUAS STEK PADA BEBERAPA JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) PADA FASE PEMBIBITAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mailiani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mailiani. 1405101050009 “ Pengaruh Jumlah Ruas Stek pada Beberapa Jenis Media Tanam terhadap Pertumbuhan Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.)” di bawah bimbingan Erita Hayati sebagai ketua dan Agus Halim sebagai anggota. RINGKASAN Tanaman nilam (Pogostemon cablin Benth.) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang penting. Minyak nilam juga digunakan sebagai bahan pengikat minyak wangi, kosmetika, pembuatan obat atau farmasi. Dalam memenuhi kebutuhan minyak atsiri nilam baik dalam dan luar negeri perlu dilakukan budidaya nilam secara intensif, sehingga memerlukan bibit dalam jumlah banyak, sehat bebas dari penyakit, kekar sehingga mampu tumbuh dan berkembang secara optimal. Jumlah ruas stek yang tepat dan jenis media tanam yang baik akan lebih mendukung pertumbuhan stek yang lebih optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jumlah ruas stek dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan bibit nilam, serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara jumlah ruas stek dengan jenis media. Parameter yang diamati yaitu pertambahan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah tunas, panjang tunas dan volume akar. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Provinsi Aceh, berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus 2018. Stek nilam yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilam Aceh varietas Tapak Tuan yang diambil dari kebun petani di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3 x 4 dengan 3 ulangan. Faktor jumlah ruas stek (R) terdiri dari 3 taraf yaitu: R 1 = 5 ruas, R 3 = 6 ruas dan faktor jenis media tanam (M) terdiri atas 4 taraf yaitu: M 1 = tanah, pupuk kandang, M 2 = tanah, pupuk kandang, biochar sekam padi, M 3 = tanah, pupuk kandang, eceng gondok, M 4 = tanah, pupuk kandang, water lettuce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jumlah ruas stek berpengaruh sangat nyata terhadap volume akar dan berpengaruh nyata terhadap parameter panjang tunas, jumlah ruas stek terbaik didapatkan pada stek dengan 4 ruas. Jenis media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap parameter pertambahan tinggi tanaman 30 dan 60 HST, jumlah daun 30 dan 60 HST, jumlah tunas, panjang tunas dan volume akar dan berpengaruh nyata terhadap jumlah daun 90 HST. Jenis media tanam terbaik yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bibit nilam yaitu jenis media tanam tanah + pupuk kandang + biochar sekam padi. Terdapat interaksi yang nyata antara jumlah ruas stek dan jenis media tanam terhadap parameter pertambahan tinggi tanaman 90 HST dan berpengaruh sangat nyata terhadap volume akar. = 4 ruas, R 2

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN PLANLET TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH. VAR SIDIKALANG) SECARA IN VITRO DENGAN MENGGUNAKAN AIR KELAPA SEBAGAI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI (Desy Afriani Lubis, 2015)

EFIKASI DOSIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENEKAN SERANGAN PENYAKIT BUDOK (SYNCHYTRIUM POGOSTEMONIS) PADA TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH.) (Tiara Kusuma Pertiwi, 2017)

PENGARUH DOSIS ARANG KOMPOS BIOAKTIF DAN JENIS ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK NILAM (Fitri Pratama Ayu Marpaung, 2016)

PENGARUH MEDIA TANAM DAN LAMA PERENDAMAN DENGAN AUKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BASAL DAUN NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR.) (Chairunnisak, 2015)

PENGARUH MEDIA TANAM DAN FUNGSI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM,L.) (ERMA JUNITA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy