//

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI PAUD KARAWARA-WA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ismanida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ismanida. 2018. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Kegiatan Meronce di PAUD Karawara-Wa Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Saptiani, M.Pd.I Kata Kunci: kemampuan kognitif, kegiatan meronce Kemampuan kognitif anak usia dini perlu dirangsang supaya berkembang optimal, salah satu caranya melalui kegiatan meronce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kognitif anak usia dini melalui kegiatan meronce di PAUD Karawara-Wa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 10 orang yang terdiri atas 6 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Penelitian ini memfokuskan pada kemampuan kognitif melalui kegiatan meronce yaitu tentang pemahaman konsep bilangan, peneliti menstimulasi anak terlebih dahulu dengan memberikan contoh membuat roncean sesuai dengan apa yang diinginkan, selanjutnya anak diminta untuk membilang banyak bahan yang digunakan untuk membuat roncean kalung atau gelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak melalui kegiatan meronce pada siklus I,anak yang belum berkembang 8 orang, mulai berkembang 2 orang. Siklus II mengalami peningkatan yaitu anak yang belum berkembang 1 orang, mulai berkembang 2 orang, berkembang sesuai harapan 3 orang dan berkembang sangat baik 4 orang.Kesimpulan dalam penelitian ini untuk mengembangkan kognitif anak usia dini melalui kegiatan meronce di PAUD Karawara-WA Kabupaten Aceh Besar dilakukan dengan cara, menyiapkan bahan untuk meronce, memberi contoh cara meronce, memberikan kesempatan kepada anak untuk meronce, meminta anak untuk membilang banyak bahan yang digunakan, dan menyebutkan bilangan hasil roncean.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD BUNGA MELATI (FERIZA MUSDALIKA, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN POLA DI TK IT AZKIA CADEK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ADELFA YURIANSA, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN BAHAN ALAM DI TK SATU ATAP SD BUNG SIMEK ACEH BESAR (Rosmawati, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI PAUD KARAWARA-WA LAM ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR (Muliani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy