//

ANALISIS KRITERIA MUTU KOPI ARABIKA GAYO PADA BEBERAPA KOPERASI DAN EKSPORTIR DI ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Abdul Kudus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abdul Kudus. 1305105010006. Analisis Kreteria Mutu Kopi Arabika gayo pada beberapa koperasi dan eksportir di Aceh Tengah di bawah bimbingan Yusya Abubakar sebagai ketua dan Heru Prono Widayat sebagai anggota Ringkasan Salah satu komoditi ekspor unggulan di Indonesia yang telah dikenal dipasar domestik dan Internasional adalah Kopi Arabika Gayo (Arabica Coffee), yang umum dibudidayakan di Dataran Tinggi Gayo. Minat dan permintaan terhadap kopi Arabika (Coffea arabica L.) Indonesia dari waktu ke waktu terus meningkat. Oleh karena itu kuantitas produksi dan kualitasnya harus dipertahankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria mutu penerimaan kopi arabika (dari petani/pengepul), pada beberapa koperasi dan eksportir kopi di kabupaten Aceh Tengah. Pada penelitian ini ada dua koperasi dan dua eksportir yaitu koperasi A, koperasi B, eksportir A dan eksportir B . Yang di jadikan sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk tabel untuk analisis kriteria mutu yang digunakan oleh koperasi dan eksportir. kriteria mutu yang digunakan oleh koperasi dan eksportir, dibandingkan dengan SNI No. 01-2907-2008 tentang Syarat Mutu Biji Kopi. Setiap koperasi dan eksportir membeli gabah atau biji dari anggota/petani dengan syarat-syarat tertentu. Standar yang menjadi panduan ekportir dan koperasi dalam menentukan kualitas mutu kopi arabika gayo adalah mengacu pada standar mutu SCAA dan SNI. Kriteria penerimaan kopi gabah dan kopi beras. Yang digunakan oleh responden cukup bervariasi dan ada yang belum sepenuhnya mengikuti standar SCAA dan SNI. Namun kriteria mutu yang mereka lakukan ketika menjual/ mengekspor kopi sudah sesuai dengan SNI dan SCAA.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH VARIASI SUHU DAN LAMA PENYANGRAIAN KOPI ARABIKA GAYO TERHADAP MUTU SENSORI KOPI ESPRESSO (Sabariana, 2018)

ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA EKSPOR DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Peggi Epaga, 2018)

PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYANGRAIAN TERHADAP MUTU KOPI ARABIKA GAYO (Kaswindi, 2017)

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOMODITI KOPI ARABIKA GAYO PROVINSI ACEH (PUTRI NANDA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy