//

PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulida - Personal Name
SubjectCHILD DEVELOPMENT - PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulida. 2018, Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Melalui Bermain Peran di PAUD Bayyinah Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M.Pd (2) Saptiani, M.Pd.I Kata Kunci: nilai karakter, anak usia dini, bermain peran. Pengembangan karakter dipahami sebagai upaya pengembangan kecerdasan dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan aturan-aturan norma yang berlaku dalam masyarakat yang menjadi jati diri seseorang. Dalam penelitian ini nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah bertanggung jawab dan jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter anak melalui bermain peran di PAUD Bayyinah. Metode yang dilakukan di penelitian ini adalah bermain peran karena, bermain peran adalah suatu jenis permainan yang dilakukan oleh anak usia 4-5 tahun untuk dapat mengembangkan nilai karakter jujur dan bertanggung jawab dengan memerankan karakter tokoh yang diceritakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun pada kelompok TKA di PAUD Bayyinah yang berjumlah 12 orang terdiri atas 8 perempuan dan 4 laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian diperoleh pada tindakan siklus I hanya 3 anak yang berkembang sesuai harapan. Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya yaitu 10 anak sudah berkembang sangat baik. Hasil yang diperoleh selama 2 siklus menunjukkan bahwa nilai karakter jujur dan bertanggung jawab anak usia 4-5 tahun berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa mengembangkan nilai karakteranak di PAUD Bayyinah dilakukan dengan bermain peran dengan cara memberi contoh, bercerita, dan berinteraksi langsung dengan anak. Setelah dilakukan 2 siklus maka diperoleh hasil yaitu pengembangan nilai karakter anak melalui bermain peran di PAUD Bayyinah yaitu 10 anak sudah dapat menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab pada saat proses pembelajaran dan bermain.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Fajri, 2018)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PENDEKATAN SENTRA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Siti Hawa, 2016)

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Ramadhani, 2019)

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (RAHMAYENI TANJUNG, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy