//

STRATEGI PEDAGANG BATU AKIK DALAM MENARIK MINAT PEMBELI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN MARKETING MIX)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syakban - Personal Name
SubjectMARKETING MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tahun 2013-2016 yang lalu batu akik telah menjadi suatu komoditas yang sangat menarik hampir bagi semua orang. Batu Akik telah menjadi cenderamata bagi setiap orang termasuk bagi turis wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Banda Aceh. Namun sekarang ini telah menjadi barang yang kurang menarik lagi, hal ini diperkirakan karena kemampuan komunikasi pemasaran penjual batu akik yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pedagang batu akik dalam menarik minat pembeli di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori Pemrosesan Informasi McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang penjual batu akik di Kota Banda Aceh dengan objek kajiannya strategi pedagang batu akik di Kota Banda Aceh dalam menarik minat pembeli. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang batu akik di Kota Banda Aceh menggunakan tiga cara yakni melalui komunikasi dengan berbagai promosi baik penyampaian informasi secara personal dari mulut ke mulut maupun melalui komunikasi kelompok seperti diskusi dan seminar. Selain itu komunikasi pemasaran batu akik juga melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, brosur, spanduk, majalah dan koran. Di samping itu dalam menarik minat pembeli, para pedagang batu akik juga melakukan peningkatan hasil produksi yang menarik dan berkualitas seperti mata cicin dan kalung, dibuat yang lebih menarik bagi konsumen bertujuan untuk memperlancar pemasaran dan lebih mudah melakukan komunikasi dalam menarik minat pembeli. Selanjutnya para pedagang batu akik di Kota Banda Aceh juga menyesuaikan dengan harga yang dapat terjangkau oleh pembeli/kounsumen. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pedagang Batu Akik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL KYRIAD MURAYA ACEH DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG (Anggie Imanda, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AMEL PRODUCTION DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DI BANDA ACEH (Nomi Ayudhia, 2014)

ANALISIS EFISIENSI RANTAI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (Wiena Alizza, 2018)

HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS MULTI LEVEL MARKETING ORIFLAME CABANG BANDA ACEH DENGAN MINAT MEMBELI KONSUMEN (indah akrima, 2014)

PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI DENGAN CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA TWITTER DI KOTA BANDA ACEH (STUDI PADA TELKOMSEL) (FAHYUNNISA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy