//

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI RAHMAH - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Siti Rahmah (2018). Perkembangan Upaya Guru Menerapkan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Berbagai upaya yang telah dilakukan guru terhadap siswa terkait penalaran matematis, namun ketercapaian indikator belum semuanya terpenuhi. Beberapa model dapat mengatasi persoalan tersebut salah satunya adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi upaya guru dan tes kemampuan penalaran matematis. Data y ang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan secara baik upaya yang dilakukan guru dari 3,45 menjadi 3,96 pada siklus II, dan terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui upaya guru menerapkan model Problem Based Learning pada siswa SMPN 2 Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas. Kata kunci: Kemampuan P enalaran Matematika, Problem Based Learning,Upaya Guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Mirunnisa, 2016)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy