//

EFEKTIFITAS INSTRUKSI LISAN DAN PENGGUNAAN PELUIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JAFARUDDIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

EFEKTIFITAS INSTRUKSI LISAN DAN PENGGUNAAN PELUIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ABSTRAK (Jafaruddin) Salah satu masalah utama dalam proses pembelajaran jasmani di sekolah hingga dewasa ini ialah belum ada intruksi secara khusus yang mudah dipahami peserta didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan efektifitas intruksi penggunaan peluit tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas intruksi lisan dan intruksi penggunaan peluit dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Subjek dalam penelitian ini adalah tim ahli pembelajaran pendidikan jasmani yang terdiri dari 3 orang Dosen di Magister Pendidikan Olahraga Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Proses pembuatan efektifitas penilaian berbentuk format indikator kisi-kisi isntrumen yang terdiri dari pendahuluan, proses, evaluasi, penguatan dan penutup serta dilanjutkan penilaian tim ahli pembelajaran pendidikan jasmani. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya di kategorikan dan di analisis secara kualitatif. Berdasarkan penilaian instruksi lisan dan instruksi penggunaan peluit dalam pendidikan jasmani, menunjukkan penilaian intruksi penggunaan peluit yang di anggap efektif dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Maka penilaian intruksi penggunaan peluit dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Data tersebut menerangkan bahwa penilaian efektifitasitas intruksi penggunaan peluit dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di anggap lebih efektif. Kata Kunci: efektifitas, intruksi lisan, intruksi penggunaan peluit.   EFFECTIVENESS OF ORAL INSTRUCTIONS AND WHISTLE USE IN THE PHYSICAL EDUCATION LEARNING PROCESS ABSTRACT (Jafaruddin) One of the main problems in the physical learning process in schools up to now is that there are no specific instructions that are easily understood by students. Therefore, it is necessary to develop the effectiveness of the instructions for using the whistle. The purpose of the study was to determine the effectiveness of oral instructions and instructions for using a whistle in the physical education learning process. The subject in this study was a team of physical education learning experts consisting of 3 lecturers in the Masters in Sports Education at Syiah Kuala University, Banda Aceh. The process of making assessment effectiveness takes the form of an instrument lattice indicator format consisting of introduction, process, evaluation, reinforcement and closing and continued by the assessment of a team of physical education learning experts. The data collected is then categorized and analyzed qualitatively. Based on the assessment of oral instructions and instructions for using the whistle in physical education, it shows the assessment of whistle usage instructions that are considered effective in the physical education learning process. Then the assessment of the use of whistle instructions can be applied by the teacher in the process of learning physical education. The data explains that the assessment of the effectiveness of the whistle usage instructions in the physical education learning process is considered more effective. Keywords: effectiveness, oral instruction, whistle use instructions.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBERADAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN GUGUS SD NEUHEUN KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATENRNACEH BESAR TAHUN PELAJARANRN2014/2015 (MUHAMMAD RIZAL, 2015)

A STUDY ON DEVELOPING ENGLISH LANGUAGE SKILL FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH THE COMBINATION OF INQUIRY, LEARNING COMMUNITY, AND TOTAL PHYSICAL RESPONSE(AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT SD NEGERI 1 TAKENGON) (Barep sarinauli, 2014)

KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Febri Iswoni Pratama, 2019)

EVALUASI SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN PADA SDLB KOTA SABANG TAHUN 2013 (MUHARAMA LAILY, 2015)

OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA PRASARANA OLAHRAGA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Zulfiansyah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy