//

STATISTIK KRIMINAL TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JANTHO TAHUN 2015-2017)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURFAH NORA EFENDI - Personal Name
SubjectLAW ENFORCEMENT
CRIMINAL COURTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK NURFAH NORA EFFENDI, 2019 STATISTIK KRIMINAL TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Analisis Putusan Pengadilan Negeri Jantho Tahun 2015-2017) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. (v,66)., pp., tabl., bibl., app. (AINAL HADI, S.H., M.Hum.) Statistik Kriminal adalah data ringkasan berbentuk angka kriminalitas yang tercatat berdasarkan waktu dan tempat tertentu yang disusun untuk memudahkan pemahaman dalam menarik sebuah kesimpulan. Penyusunan statistik kriminal dapat digunakan untuk mengatasi tindak pidana yang dimaksudkan agar dapat ditemukan cara yang efektif untuk pencegahan dan penanggulangannya. Pengadilan Negeri Jantho telah memutuskan empat ratus tiga puluh delapan (438) perkara penyalahgunaan narkotika tetapi belum dilakukan penyusunan statistik kriminal. Tujuan penelitian ini untuk menyusun statistik kriminal perkara penyalahgunaan narkotika yang di putuskan pada Pengadilan Negeri Jantho yang akan menjelaskan karakteristik pelaku, bentuk-bentuk penyalahgunaan narkotika, dan jenis sanksi yang diberikan Pengadilan Negeri Jantho. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif dengan cara menganalisis pasal-pasal yang berkaitan dan didukung dari buku-buku referensi serta penelitian lain yang sejenis. Sumber data yang digunakan adalah putusan Pengadilan Negeri Jantho mengenai Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika dari tahun 2015-2017. Seluruh data yang tersedia diambil dan dianalisis untuk kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dari pelaku penyalahgunaan narkotika yaitu jumlah pelaku laki-laki lebih mendominasi yakni mencapai 455 orang sedangkan perempuan hanya 14 orang dalam rentang waktu 3 (tiga) tahun. Kategori umur yang paling banyak melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika adalah berusia sembilan belas sampai empat puluh tahun (19-40). Dan jenis pekerjaan paling banyak yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika adalah jenis pekerjaan wiraswasta sebanyak 130 orang pelaku. Bentuk penyalahgunaan narkotika dilakukan adalah “pengedar/penjual” sebanyak 65 orang dan “pemakai” dengan jumlah mencapai 151 orang dalam waktu tiga tahun. Sanksi yang diberikan terhadap pelaku penyalahgunaan narkotika yang diselesaikan di Pengadilan Negeri Jantho adalah sanksi pidana berupa pidana penjara dan pidana denda. Saran untuk aparat penegak hokum untuk secara rutin menyusun statistic criminal dan terus memperhatikan dan mencermati bentuk kejahatan terutama tindak pidana penyalahgunaan narkotika agar dapat menentukan upaya pencegahan dan penanganan perkara secara efektif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STATISTIK KRIMINAL TINDAK PIDANA NARKOTIKA TAHUN 2015-2018 WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR GAYO LUES (Elli Putri Wahyu, 2019)

KEGUNAAN STATISTIK KRIMINAL DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ASUSILA DI WILAYAH HUKUM ACEH BESAR TAHUN 2015-2017 (SUATU PENELITIAN DI PENGADILAN NEGERI JANTHO) (DEVIA ANJELIA, 2019)

STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JANTHO NOMOR 90/PID.SUS/2016/PN-JTH TENTANG TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Faisal Rizki Rahim, 2018)

TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DAN UPAYA PENANGGULANGAN BERDASARKAN STATISTIK KRIMINALTAHUN 2015-2017 (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUMPENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (THALIANA HANASMORO, 2019)

STATISTIK KRIMINAL TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA ( ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH TAHUN 2013-2015 ) (UTARI RAHAYU, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy