//

PERSEPSI DAN PENERAPAN ASPEK MANAJEMEN LINGKUNGAN BANGUNAN PADA PERUMAHAN DI DUSUN TGK. TANOH ABEE KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fikri Yanta - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Populasi penduduk di Indonesia yang meningkat menuntut pembangunan perumahan sebagai tempat tinggal. Pembangunan perumahan adakalanya mengabaikan aspek manajemen lingkungan bangunan yang menitikberatkan pada pengelolaan sampah sehingga menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penerapan green building atau bangunan hijau untuk mendorong pengelolaan sampah secara sederhana berupa pemilahan sampah dimulai dari tiap-tiap rumah. Konsep acuan paling populer untuk penerapan green building di Indonesia dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI), yaitu Greenship Homes Version 1.0. Manajemen lingkungan bangunan memiliki andil besar dalam penerapan rumah konsep green building. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar nilai persepsi dan nilai penerapan aspek Manajemen Lingkungan Bangunan yang menitikberatkan pada pengelolaan sampah sebagai salah satu kriteria green building pada perumahan di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai persepsi dan nilai penerapan aspek Manajemen Lingkungan Bangunan pada perumahan di Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan di Dusun Tgk. Tanoh Abee, Gampong Kota Baru, Kota Banda Aceh dengan populasi sejumlah 40 rumah. Penilaian dilakukan dengan melakukan wawancara dan survey kuesioner berupa persepsi responden terhadap Manajemen Lingkungan Bangunan dan cheklist penerapannya sesuai acuan Greenship Homes Version 1.0 yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian didapat bahwa persepsi responden terhadap Manajemen Lingkungan Bangunan dikategorikan penting untuk diterapkan dengan nilai rata-rata persepsi yaitu sebesar 61,81%. Nilai persepsi tertinggi terdapat pada variabel mendaur ulang sampah anorganik menjadi barang bernilai ekonomis yaitu sebesar 66,83% dengan cara membuat kerajinan dan menjualnya. Sedangkan untuk greenship, secara keseluruhan dapat dikategorikan baik untuk diterapkan dengan nilai rata-rata yaitu sebesar 76,30%. Penerapan tertinggi terdapat pada kriteria Aktivitas Ramah Lingkungan dan Pengelolaan Sampah Tingkat lanjut yaitu sebesar 100% dimana sampah sudah diproses sesuai dengan tahapan pengelolaan sampah modern. Kata Kunci : Perumahan, Manajemen Lingkungan Bangunan, Greenship Homes Version 1.0

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI DAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN PADA PERUMAHAN DI KABUPATEN ACEH BESAR DENGAN KONSEP GREENSHIP HOMES VERSION 1.0 (Andika Dandari. S, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD 2 TANOH ABEE RNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT ZAITUN MUNAR, 2014)

PERSEPSI DAN PENERAPAN ASPEK KONSERVASI AIR PADA PERUMAHAN VILLA CITRA GAMPONG PINEUNG KOTA BANDA ACEH (Irpan Sardi Nasution, 2019)

PERUMAHAN REAL ESTATE DI BANDA ACEH (Auliaur Rahman, 2016)

KAJIAN KONSTRUKSI HIJAU PADA ASPEK EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI PADA PERUMAHAN KOMPLEK VILLA CITRA KOTA BANDA ACEH (Fakhrurrazi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy