//

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA MAS DARUL IHSAN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eliyanti - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
TEACHING MATERIALS
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Eliyanti. Pengembangan Handout Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pada Materi Bioteknologi Siswa MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Pembimbing I, Dr. Hasanuddin, M. Si. Pembimbing II, Dr. Mudatsir, M. Kes. ABSTRAK Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan handout hasil pengembangan berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi Bioteknologi dan untuk mengetahui handout hasil pengembangan berbasis pendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar dan retensi siswa telah dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2017 di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis- Design-Develop-Implement-Evaluate). Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII/b MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian handout yang dikembangkan dan soal pilihan ganda. Indikator pencapaian validitas handout adalah persentase keseluruhan penilaian ahli (materi, bahasa dan media) dan siswa. Data yang diperoleh adalah data validitas dan kelayakan handout berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan, hasil belajar dan retensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan kelayakan handout berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan memiliki tingkat validasi ahli 82,2% dan persentase kelayakan berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli sebesar 87%, guru sebesar 93% dan siswa sebesar 89%. Handout dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat mempertahankan retensi siswa dengan persentase retensi 80% berada pada kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa handout berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan, dapat meningkatkan hasil belajar dan mempertahankan retensi siswa. Kata Kunci : Pengembangan Handout, Pendekatan SETS, Retensi dan Bioteknologi. vii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMAN INGIN JAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Salmida, 2017)

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPRNDAN RETENSI MAHASISWA DI UNIVERSITASRNMUHAMMADIYAH BANDA ACEH (RUFA HERA, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yulia Rahma, 2014)

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS SETS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (CUT RISKI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy