//

APLIKASI SMOCK PADA BANTAL HIAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRA HIFDAYANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mira hifdayana, 2019. Aplikasi Smock pada Bantal Hias. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd (2) Novita, S.Pd.,M.A Kata kunci : Aplikasi Smock pada Bantal Hias Smock merupakan teknik menghias kain yang berupa lipatan atau kerutan kain yang dijahit secara teratur sesuai pola yang telah digariskan pada kain sehingga membentuk suatu kerutan yang unik dan indah. Smock banyak digunakan pada lenan rumah tangga, busana maupun pelengkap busana. Namun seiring perkembangan zaman penggunaan smock sebagai salah satu tehnik menghias kain sudah jarang dipakai bahkan kebanyakan masyarakat tidak mengetahui sama sekali tentang smock. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang smock dengan mengaplikasikan teknik smock pada bantal hias sebagai lenan rumah tangga yang sering digunakan sehari-hari. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi atau pengetahuan kepada masyarakat tentang smock, mengetahui proses pembuatan bantal hias dengan aplikasi smock, dan melestarikan smock yang semakin tidak dikenal masyarakat. Aplikasi smock pada bantal hias yang di eksperimenkan dalam penelitian ini terdiri dari tiga yaitu bantal hias dengan bentuk rangkaian bunga, bantal hias smock yang dipadukan dengan teknik patchwork dan bantal smock dengan bentuk kipas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen terapan yaitu penelitian yang dilakukan dengan hati-hati, sistematis dan terus menerus terhadap suatu masalah dengan bertujuan untuk memperbaiki proses atau memodifikasinya dengan menerapkan teori-teori yang ada. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen Konsentrasi Tata Busana Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, FKIP Unsyiah. Objek dalam penelitian ini adalah smock yang diaplikasikan pada bantal hias. Hasil dari penelitian ini berupa desain dan penerapan smock pada bantal hias serta daya terima masyarakat terhadap smock yang diaplikasikan pada bantal hias. Respon responden dari kuesioner mendapatkan hasil bahwa responden sangat suka dengan hasil eksperimen. Dari ketiga hasil eksperimen, eksperimen ketiga dengan nilai tertinggi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI SMOCK PADA BUSANA PESTA REMAJA (TIA ASURA, 2018)

PEREMPUAN PENCARI BATU HIAS DI GAMPONG ALUE TRINGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL ACEH BARAT DAYA (Eka Rulisa, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF ALPHABET PADA PAUD ALFITRAH KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Harlinda, 2015)

KEANEKARAGAMAN SPESIES IKAN HIAS DI PERAIRAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (ZAHRATUL ILMI, 2015)

PEMANFAATAN TANAMAN HIAS OLEH MASYARAKAT DI KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Khairunnisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy