//

BENTUK PENYAJIAN PERTUNJUKAN MUSIK KOMUNITAS PERKUSI BARANG BEKAS (KOPER B’KAS) FAKULTAS TEKNIK UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Anzar Syarif - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Bentuk Penyajian Pertunjukan Musik Komunitas Perkusi Barang Bekas (Koper B’kas) Penelitian yang berjudul “ Bentuk Penyajian Pertunjukan Musik Perkusi Barang Bekas (Koper B’kas) Fakultas Teknik Unsyiah”. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk penyajian pertunjukan musik Koper B’kas Fakultas Teknik Unsyiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian pertunjukan musik Koper B’kas Fakultas Teknik Unsyiah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penedekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua Koper B’kas, objek penelitian ini yaitu Bascamp Koper B’kas Fakultas Teknik Unsyiah. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik observasi untuk memperoleh gamabaran yang jelas mengenai hal yang di teliti, wawancara untuk menggali keterangan yang lebih mendalam, dan dokumentasi yang dilakaukan degan cara menyelidiki benda-benda untuk membantu peneliti dalam menyelesaikan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Koper B’kas merupakan suatu komunitas musik perkusi yang menggunakan alat musik perkusi dari barang bekas. Dalam hal pertunjukannya, Koper B’kas tidak hanya menampilkan pertunjukan musik perkusi saja, namun ada penambahasan aksi-aksi gerakan seperti gerakan melingkar, gerakan perubahan formasi dan ada juga di tambah dengan aksi seperti pantonim yang sudah disesuaikan dengan tema pertunjukannya. Koper B’kas sering juga berkolaborasi dengan group band yang menggunakan alat musik modern dan selain itu Koper B’kas juga pernah menjadi musik pengiring dari sebuah pertunjukan tari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN ALAT MUSIK CANANG DALAM PROSESI ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Nurul Fitriah, 2018)

GARAPAN ILUSTRASI MUSIKAL PERTUNJUKAN TONEL DALAM LAKON NOSOH GADONG KARYA M. ABBAS (EDI SANDIKA, 2019)

PERBEDAAN MUSIK IRINGAN TARI MEUSARE-SARE DI SANGGAR LEMPIA DAN SANGGAR NURUL ALAM BANDA ACEH (IKHSAN, 2014)

BENTUK SENI PERTUNJUKAN WAYANG KULIT DI SANGGAR LESTARI BUDAYA KABUPATEN BENER MERIAH (LILIK SAFRIANA AULIA, 2019)

DINAMIKA KOMUNITAS PENCINTA MUSIK METAL DI BANDA ACEH (Randi Delardi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy