//

KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK (STUDI PADA PANTI ASUHAN YAYASAN ISLAM MEDIA KASIH BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luthfiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Komunikasi Interpersonal Pengasuh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Anak (Studi Pada Panti Asuhan Yayasan Islam Media Kasih Banda Aceh)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal pengasuh dalam membentuk karakter kedisiplinan anak panti asuhan Yayasan Islam Media Kasih Banda Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Devito (efektivitas komunikasi interpersonal). Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuh panti asuhan Yayasan Islam Media Kasih Banda Aceh dalam membentuk karakter kedisiplinan anak-anak asuhnya, menggunakan lima komponen efektifitas komunikasi interpersonal. Komponen tersebut yaitu, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan juga dapat dilihat bahwa, pengasuh tidak memiliki kendala atau masalah yang berarti dalam membina dan mendidik anak panti asuhan. Hal ini karena pengasuh secara alami menerapkan prinsip-prinsip komunikasi interpersonal yang efektif dalam membentuk karakter kedisiplinan anak sehari-hari. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, karakter, pengasuh, panti asuhan, disiplin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PEMBINAAN AGAMA DAN MORAL ANAK DI PANTI ASUHAN ISLAM MEDIA KASIH SEUTUI BANDA ACEH (Sri Rahma Yulis, 2014)

PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL PADA REMAJA PENGHUNI YAYASAN ISLAM MEDIA KASIH KOTA BANDA ACEH (Siti Nisrima, 2016)

PERKEMBANGAN PANTI ASUHAN YAYASAN TAMITA WAL ‘ASHRI ACEH BARAT DAYA, 1999-2015 (Ayatunnisa, 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN ASUPAN ENERGI TOTAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 9-17 TAHUN DI PANTI ASUHAN DI KOTA BANDA ACEH (Duma Sarah, 2018)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-ESTEEM REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHANRN( SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH) (SASA MAULIDA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy