//

PENGARUH PENAMBAHAN STABILIZER TERHADAP KESTABILAN SIRUP AIR KELAPA (COCOS NUCIFERA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulidita Agustina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sirup air kelapa merupakan minuman ringan berupa larutan kental dengan cita rasa air kelapa yang diolah melalui proses evaporasi. Selama penyimpanan, timbul lapisan di permukaan sirup air kelapa yang diduga merupakan lemak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jenis stabilizer terbaik untuk sirup air kelapa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yaitu jenis stabilizer (M) yang terdiri atas 3 taraf yaitu M1=CMC (0,75%), M2=xanthan gum (0,075%), dan M3=pektin (0,5%) Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis stabilizer tidak berpengaruh nyata terhadap pH, total padatan terlarut, dan kestabilan emulsi. Berdasarkan perhitungan skor prioritas, CMC dan xanthan gum memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan pektin. Berdasarkan perhitungan harga bahan penstabil dikalikan konsentrasi penstabil yang digunakan dalam pembuatan sirup, xanthan gum diperoleh sebagai penstabil yang lebih baik dibandingkan CMC dan pektin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PEMBUATAN SIRUP AIR KELAPA (COCUS NUCIFERA) DENGAN PENAMBAHAN GULA FRUKTOSA SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI GULA SUKROSA (T. Zaldiansyah, 2018)

PENGARUH BERKUMUR AIR KELAPA TUA (COCOS NUCIFERA L.) TERHADAP LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA PADA SISWA SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Alya Husna, 2019)

KAJIAN NIRA DAN GULA MERAH PADA BEBERAPA JENIS TUMBUHAN FAMILIA ARECACEAE (HUSNUL ZAHARA, 2017)

ANALISIS PROSPEK INDUSTRI PENGOLAHAN SABUT KELAPA PADA U.D COCO TANJUNG SEJAHTERA DI DESA TANJUNG BEURIDI KECAMATAN PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN (Deny Ismiyana, 2016)

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KESTABILAN SIRUP ASAM JAWA (firah ramadhiana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy