//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA BURUNG LOVEBIRD (AGAPORNIS FISCHERI) YANG DIJUAL DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Dicky Zulmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis dan tingkat prevalensi endoparasit pada burung lovebird (Agapornis fischeri) yang dijual di Kota Banda Aceh. Kegiatan penelitian telah dilaksanakan di Kota Banda Aceh dari bulan Desember 2018 sampai dengan Januari 2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 sampel feses burung lovebird yang diambil dari pedagang burung peliharaan dari pasar Ulee Kareng (2 lokasi), pasar Seutui (3 lokasi) dan pasar Neusu (7 lokasi). Hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa prevalensi pada burung lovebird yang dijual di Kota Banda Aceh adalah 10%. Secara rinci ditemukan endoparasit cacing dari genus Ascaridia sp, Heterakis sp dan Capillaria spp, dengan prevalensi masing-masing sebesar 5%, 3,33% dan 1,67% secara berurutan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat infeksi endoparasit cacing pada burung lovebird yang dijual oleh pedagang di Kota Banda Aceh. Kata kunci : endoparasit, prevalensi, burung lovebird

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA BURUNG LOVEBIRD (AGAPORNIS FISCHERI) YANG DIJUAL DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Dicky Zulmi, 2019)

IDENTIFIKASI ENDOPARASIT DAN EKTOPARASIT PADA BURUNG KUCICA KAMPUNG (COPSYCHUS SAULARIS). (Dessi Astika, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA CUMI–CUMI (LOLIGO SPP.) PADA TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO KOTA BANDA ACEH (RESTY FAUZANA RAHMAN, 2016)

IDENTIFIKASI ENDOPARASIT PADA BABI HUTAN (SUS SCROFA) DI KAWASAN LHOKNGA ACEH BESAR (Boni Cutami Rusty, 2019)

ANALISIS PERILAKU PADA BURUNG AGAPORNIS SP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOUND RECORD DI HABITAT EX-SITU (Hardianti Darmatika, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy